Pengedukasian Kader Kesehatan Desa Sungai Rangas Tengah Mengenai Pemberian Asi Eksklusif Dengan Manajemen Laktasi

Penulis

  • Yayuk Puji Lestari Program Studi Sarjana Kebidanan, Universitas Sari Mulia
  • Ali Rakhman Hakim Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker, Universitas Sari Mulia
  • Rina Saputri Program Studi Sarjana Farmasi, Universitas Sari Mulia
  • Riska Ali Zulianur Program Studi Sarjana Kebidanan, Universitas Sari Mulia
  • Silvia Atwi Maharani Program Studi Sarjana Kebidanan, Universitas Sari Mulia

DOI:

https://doi.org/10.63004/mcm.v2i3.470

Kata Kunci:

Asi, Bayi, Balita, Laktasi, Kader kesehatan

Abstrak

Pendahuluan: Air susu ibu merupakan makanan yang paling cocok bagi bayi yang mempunyai nilai tinggi dibanding susu formula serta ASI sangat menguntungkan ditinjau dari beberapa segi, baik segi gizi, kesehatan ekonomi maupun sosio-psikologis. Menyusui menurunkan resiko infeksi akut seperti diare, pneumonia, infeksi telinga, haemaophilus influenza, meningitis dan infeksi saluran kemih, menyusui juga melindungi bayi terhadap penyakit kronis masa depan seperti diabetes maitus tipe I, Ulseratif colitis, penurunan tekanan darah dan kolestrol serum total, kelebihan berat badan dan obesitas masa remaja dan dewasa.

Tujuan: Tujuan dari Pengabdian Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan kader kesehatan mengenai Pentingnya Asi Eksklusif Menggunakan Manajemen Laktasi.

Metode: Metode yang digunakan adalah metode diskusi kelompok serta pemberian pre-test dan post-test. Media informmasi yang digunakan adalah leaflet. Kader kesehatan desa yang terlibat sebanyak 7 orang. Media leaflet berisi informasi tentang manajemen laktasi yang  terdiri dari posisi dan pelekatan mulut bayi, kecukupan pemberian ASI, manfaat teknik menyusui dan fakta menyusui ( keuntungan dari menyusui).

Hasil:  Hasil dari kegiatan ini terjadi peningkatan pengetahuan dari kader kesehatan desa tentang pentingnya pemberian dan pemenuhan Asi bagi bayi usia 0 bulan sampai 2 tahun . Hal ini dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-test yang mengalami peningkatan pengetahuan sebanyak 7orang kader (93%). Meningkatnya pengetahuan kader maka semakin baik dalam memudahkan kader untuk mengedukasi masyarakat setempat.

Simpulan: Kesmpulan dari kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan kader kesehatan desa Sungai Rangai Tengah mengenai Pemberian Asi Eksklusif menggunakan manajemen laktasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alfaridh, A. Y., Azizah, A. N., Ramadhaningtyas, A., Maghfiroh, D. F., Amaria, H., Mubarokah, K., Arifatuddina, M., Shafira, N., Widyasanti, N., Kumala, S. S., Program, A. N., Ilmu, S., Maskarakat, K., & Masyarakat, K. (2021). Peningkatan Kesadaran dan Pengetahuan tentang ASI Eksklusif pada Remaja dan Ibu dengan Penyuluhan serta Pembentukan Kader Melalui Komunitas “CITALIA.” Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat (Pengmaskesmas), 1(2), 119–127.

Anifah, F., Ma’rifah, U., Taufiqoh, S., Labibah, Y. S., Rokhania, N. M. A., & Djunaidi, Q. A. (2022). “Pemberdayaan Keluarga Untuk Mendukung Keberhasilan Asi Ekslusif Di Poskeskel Tanah Kali Kedinding Surabaya.”

Edita, L. (2019). ASI EKSKLUSIF - Google Books. Yayasan Jamiul Fawaid, 38. https://www.google.co.id/books/edition/ASI_EKSKLUSIF/iJTaDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=asi+eksklusif&printsec=frontcover

Handayani, Y., Margiyanti, N. J., Sari, D. P., & Ridmadanti, S. (2021). KELAS IBU MENYUSUI Article History. 1, 20–24.

Kemenkes, R. (2018). Modul Pelatihan Bagi Pelatih Kader Kesehatan. Pusat Pelatihan SDM Kesehatan Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan, 1–497.

Unduhan

Diterbitkan

31-08-2024

Cara Mengutip

Puji Lestari, Y., Hakim, A. R., Saputri, R., Zulianur, R. A. ., & Maharani, S. A. . (2024). Pengedukasian Kader Kesehatan Desa Sungai Rangas Tengah Mengenai Pemberian Asi Eksklusif Dengan Manajemen Laktasi. Majalah Cendekia Mengabdi, 2(3), 190–195. https://doi.org/10.63004/mcm.v2i3.470

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>