Pendidikan Bagi Kader Posyandu Tentang Obat Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Penulis

  • Nurul Hidayah Program Studi Sarjana Farmasi, Universitas Sari Mulia
  • Nor Habibah Program Studi Sarjana Farmasi, Universitas Sari Mulia
  • Fitri Sadlia Program Studi Sarjana Farmasi, Universitas Sari Mulia
  • Ali Rakhman Hakim Program Studi Sarjana Farmasi, Universitas Sari Mulia
  • Ahmad Hidayat Program Studi Sarjana Sistem Informasi, Universitas Sari Mulia
  • Mustaqimah Mustaqimah Program Studi Sarjana Farmasi, Universitas Sari Mulia
  • Rina Saputri Program Studi Sarjana Farmasi, Universitas Sari Mulia

DOI:

https://doi.org/10.63004/mcm.v1i4.275

Kata Kunci:

Ibu hamil, Kategori obat, Kader Posyandu

Abstrak

Pendahuluan: Penggunaan obat pada wanita hamil penting untuk sangat diperhatikan karena faktor keamanan baik bagi kesehatan ibu maupun janin yang dikandungnya, dan dapat memberi efek pada janin. Kebanyakan ibu hamil menggunakan obat dan suplemen pada periode organogenesis sedang berlangsung sehingga resiko terjadi cacat janin lebih besar. Mengingat beberapa jenis obat dapat melintasi plasenta, oleh karena itu penggunaan obat pada masa kehamilan perlu hati-hati. Pada trimester pertama, obat dapat menyebabkan cacat lahir (teratogenesis), dan resiko terbesar adalah masa kehamilan 3-8 minggu. Obat dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan secara fungsional pada janin atau dapat meracuni plasenta selama trimester kedua dan ketiga masa kehamilan. Kondisi kehamilan dan menyusui adalah kondisi khusus yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi obat karena tidak semua obat yang beredar aman untuk digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.
Tujuan: Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan tingkat pengetahuan kader Posyandu tentang obat yang aman bagi ibu hamil.
Metode: Metode yang digunakan adalah sosialisasi dan diskusi. Media informasi yang digunakan yaitu leaflet. Kader Posyandu Desa Sungai Rangas Tengah yang terlibat sebanyak 7 orang.
Hasil: Hasil dari kegiatan ini menunjukkan pengetahuan semua kader Posyandu mengalami peningkatan setelah diberikan edukasi mengenai obat yang aman untuk ibu hamil oleh tim pengabdian masyarakat.
Simpulan: Peningkatan pengetahuan kader Posyandu menunjukkan keberhasilan edukasi tentang obat yang aman bagi ibu hamil, sehingga mengurangi terjadinya kesalahan pengobatan atau risiko efek samping obat selama kehamilan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Baroroh, H. N., Utami, E. D., Maharani, L., & Mustikaningtias, I. (2018). Pengaruh Edukasi Penggunaan Obat pada Ibu Hamil Dan Menyusui Terhadap Tingkat Pengetahuan Kader Posyandu di Desa Cendana, Kutasari, Purbalingga. Acta Pharmaciae Indonesia, 6(1), 40-45.

Hakim, A. R., Saputri, R., Zulliati, Z., & Mustaqimah, M. (2023). Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Mengedukasi Dari Kader Kesehatan Tentang Penyakit Hipertensi: Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Mengedukasi Dari Kader Kesehatan Tentang Penyakit Hipertensi. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Tangguh, 2(1), 1–9.

Hasan, R., Zukhruf, L., & Mukammilatuz, W. (2023). Swamedikasi dalam Pengobatan Ibu Hamil di Wilayah Kerja Sukorejo Situbondo. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Tangguh, 2(1), 169–176.

Nurfazriah, I., Hidayat, A. N., Kartikasari, R., & Yusuffina, D. (2021). Peningkatan Pengetahuan Kader Tentang Kesehatan Ibu dan Anak dalam Upaya Pencegahan AKI Dan AKB di Desa Citaman. International Journal of Community Service Learning, 5(4), 324.

Permata, A., Gavi, J. A. P., Fauziah, N., & Siompu, D. L. I. (2023). Peningkatan Pemahaman Penggunaan Obat yang Aman Bagi Ibu Hamil dan Menyusui di Kabupaten Malang. Jurnal Abdimas PHB, 6(1), 146-152.

Sumartini, E., Nurawaliyah, S., Aima, F., Hermawati, R., Susanti, S., & Isfanny, S. (2020). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan Stunting melalui Budaya Gotong Royong. Jurnal Abdimas Kesehatan Tasikmalaya, 2(02), 19–25.

Susanti, D. (2022). Penyuluhan Tentang Kategori Penggunaan Obat Bagi Ibu Menyusui Di Kelurahan Panjang Utara. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5(2), 10–27.

Zulfa, I. M., & Handayani, W. (2022). Keamanan Obat Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui Article History. Jurnal Asta, 02(01), 13–25.

Unduhan

Diterbitkan

01-11-2023

Cara Mengutip

Hidayah, N. ., Habibah, N., Sadlia, F., Hakim, A. R. ., Hidayat, A., Mustaqimah, M., & Saputri, R. (2023). Pendidikan Bagi Kader Posyandu Tentang Obat Yang Aman Untuk Ibu Hamil . Majalah Cendekia Mengabdi, 1(4), 229–234. https://doi.org/10.63004/mcm.v1i4.275

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>