Penerapan Resiko Jatuh Terhadap Pengetahuan Perawat Dalam Pelaksanaan Manajemen Patient Safety

Penulis

  • Maya Handayani Universitas Aisyah Pringsewu
  • Rizki Yeni Wulandari Universitas Aisyah Pringsewu
  • Yunina Elasari Universitas Aisyah Pringsewu
  • Anggi Kusuma Universitas Aisyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.63004/mcm.v2i2.373

Kata Kunci:

Resiko jatuh, Patient safety, Pengetahuan

Abstrak

Pendahuluan: Jumlah laporan insiden berdasarkan jenis Rumah sakit umum atau Rumah sakit khusus di Indonesia yaitu Rumah sakit umum 96,67% dan Rumah sakit khusus 33,3%. kurangnya kesadaran perawat akan proses belajar mengenai keselamatan pasien dapat diakibatkan karena sulitnya perawat untuk mengakses teori-teori baru mengenai keselamatan pasien terutama pencegahan risiko jatuh.

Tujuan: untuk mengetahui Penerapan patient safety/ resiko jatuh terhadap pengetahuan perawat dalam pelaksanaan manajemen patient safety  Di Ruang Alamanda  RSU Hi. M. Yusuf Kotabumi.

Metode: Metode pengumpulan data karya ilmiah ini dengan Cara yang digunakan dalam mengumpulkan penyusunan penulisan yaitu : Pengumpulan data dengan Tanya jawab Bersama Perawat dan Kepala Ruangan., Study Literature dengan melihat fenomena dan kaitan dengan Pelaksanaan Patient Safety  pada Pasien dalam Melaksanakan Manajemen Asuhan keperawatan. Dan Observasi/pengamatan dalam melakukan tindakan manajemen keperawatan.

Hasil:  Hasil Pengkajian pada Fungsi Patient Care delivery Perawat belum memperhatikan keselamatan pasien dengan mematuhi 6 point sasaran keselamatan pasien, seperti belum adanya Papan nama kategori resiko jatuh pada pasien, dan Belum adanya media penyuluhan tentang resiko jatuh kepada pasien, dan dilakukan implementasi yaitu Menyediakan dan membuat Papan nama kategori resiko jatuh pada pasien, Membuah media penyuluhan tentang resiko jatuh kepada pasien dan Melakukan sosialisasi , Hasil kegiatan Papan nama pasien resiko jatuh telah terpasang , Media penyuluhan resiko jatuh telah dibuat dan Kegiatan sosialisasi berjalan dengan baik dan pengetahuan perawat meningkat.

Simpulan: Meningkatkan pelayanan rumah sakit dengan memperhatikan Manajemen patient safety  hal ini bertujuan  Untuk menilai kualitas pelayanan keperawatan dan mengurangi resiko jatuh pada pasien.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahsan, M. (2018). An Angular Kinematical Analysis of Soccer Instep and Inside. Kick at Impact Phase of University Soccer Players. International Journal of.

Anam, Nining dkk. 2013. Pedoman Praktik Pembelajaran Microteaching. Surakarta: Laboratorium FKIP Universitas Muhammadiyah

Arso, S, P., & Sriatmi, A. (2017). Gambaran Budaya Keselamatan Pasien di RS. Roemani Muhammaddiyah Semarang. Jurnal Kesehatan

Bambang Riyanto. 2019, Dasar – Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi. Keempat, Cetakan Ketujuh, Yogyakarta : YBPFE UGM.

Cecep, H. dkk. (2019). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Medan: Yayasan Kita. Menulis

Haryanto, R., & Sari Utami, M. P. (2020). Keperawatan Medikal Bedah 2. PT.Pustaka Baru.

Hersey dan Blanchard. 2016. Management Of Organizational Behavior: Utilizing Human Resources, Prentice Hall, New Jersey.

Kemenkes RI, (2018), Peraturan Mentri Kesehatan Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Keselamatan Pasien, Kemenkes RI : Jakarta.

Kozier, Erb, Berman, Snyder. (2016). Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses & Praktik. Jakarta : EGC

Leonardo, B. R., Wenas, R. S. dan Poluan, J. G. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat). 9(3), 1721–1730.

Maha, N. 2019. Pelaksanaan peningkatan keselamatan pasien resiko jatuh. Medicine and Health Sciences, Medical Administration

Marquis, B. L. & Huston, C. J. (2017). Kepemimpinan dan manajemen keperawatan : teori dan aplikasi, (Ed. 4). Jakarta : EGC.

Mugianti, S. (2016). Modul bahan ajar cetak_manajemen dan kepemimpinan dalam praktik keperawatan (1st ed.). Jakarta Selatan: Kemenkes RI

Nur HA, Dharmana E, Santoso A. (2017) Pelaksanaan Asesmen Risiko Jatuh Di Rumah Sakit. J Ners Dan Kebidanan Indones. 2017;5(2):123.

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam praktek keperawatan. Profesional, Edisi 4. Jakarta : Salemba Medika

PPNI. (2018). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia : Definisi dan Tindakan Keperawatan. (1st ed.). Jakarta: DPP PPNI.

Putri, A.W dan Ayun, S. 2017. Analisis Pelaksanaan Tujuh Langkah. Menuju Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Kesehatan

septiari (2012) Infeksi nosokomial. Penerbit nuha medica. Jakarta.

Sesrianty, V., Machmud, R., & Yeni, F. (2019). Analisa Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan Perintis, 6(2), 116-126.

Setyarini, EA. Herlina, L. (2012). Kepauhan Perawat Melaksanakan Standar Prosedur Operasional Pencegahan Pasien Resiko Jatuh di Gedung Yosef 3 Dago dan Surya Kencana Rumah Sakit Borromeus. Jurnal Kesehatan STIKes Santo Borromeus.

Suyanto 2015, Pemrogaman Java: Pengenalan Java. Jurnal komputer.

Triwibowo, Cecep. 2015. Pengantar Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat.Nuha. Medika:Yogyakarta.

WHO. World Health Statistics 2017 : Monitoring Health for The SDGs. [Internet]. World Health Organization. 2017. 103 p.

Wulandari & Sianturi, 2019. Hubungan Pengetahuan Sikap Dan Praktik Perawat Terhadap Upaya Pencegahan Pasen Jatuh. Jurnal Kesehatan Saelmakers Perdana ISSN 2615-6571 (Print), ISSN 2615-6563 (Online) Tersedia online di http://ojs.ukmc.ac.id/index.php/JOH

Yesia Elvana (2020) Analisis SWOT untuk menentukan strategi bersaing saat covid -19 pada rumah Sakit Islam Surabaya, Jurnal Kesehatan Andalas

Yuni Lestari Pamiarsih, (2018), Tingkat Pengetahuan Perawat Mempengaruhi Praktik Pencegahan Resiko Jatuh Di Rumah Sakit Islam Kedal (skripsi), Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Dan Kesehatan Universitas Muhammadiyyah Semarang : Semarang.

Unduhan

Diterbitkan

31-05-2024

Cara Mengutip

Handayani, M. ., Wulandari, R. Y. ., Elasari, Y. ., & Kusuma, A. (2024). Penerapan Resiko Jatuh Terhadap Pengetahuan Perawat Dalam Pelaksanaan Manajemen Patient Safety. Majalah Cendekia Mengabdi, 2(2), 95–103. https://doi.org/10.63004/mcm.v2i2.373