Penerapan Pre Dan Post Conference Di Ruang Alamanda Rumah Sakit HI M Yusuf Kotabumi

Penulis

  • Aan Suhendra Universitas Aisyah Pringsewu
  • Rizki Yeni Wulandari Universitas Aisyah Pringsewu
  • Surmiasih Surmiasih Universitas Aisyah Pringsewu
  • Tri Adi Nugroho Universitas Aisyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.63004/mcm.v2i2.374

Kata Kunci:

Pre dan post Conference, Sosialisasi, Media

Abstrak

Pendahuluan: Fungsi manajemen keperawatan yang membentuk suatu siklus proses manajemen Dan Pre dan post Conference merupakan bagian dari fungsi directing. Pelaksanaan pre dan post Conference di Indonesia masih perlu diperbaiki atau ditingkatkan kualitasnya. Menurut hasil observasi yang sudah dilakukan oleh penulis, penerapan pre dan post Conference di ruang Alamanda  RSU Hi M Yusuf Kotabumi sudah terlaksana namun belum sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku. Dalam pelaksanaan pre Conference, tidak semua ketua tim (katim) melaksanakan pre Conference.

Tujuan: untuk melakukan Penerapan Pre dan post Conference Di Ruang Alamanda RSU Hi. M. Yusuf Kotabumi.

Metode: Metode pengumpulan data ini dengan Cara yang digunakan dalam mengumpulkan penyusunan penulisan yaitu : Pengumpulan data dengan Tanya jawab Bersama Perawat dan Kepala Ruangan., Study Literature dengan melihat fenomena dan kaitan dengan Pelaksanaan Pre dan post Conference pada Pasien dalam Melaksanakan Manajemen Asuhan keperawatan. Dan Observasi/pengamatan dalam melakukan tindakan manajemen keperawatan.

Hasil:  Hasil observasi pada Fungsi Pengarahan Pelaksanaan Pre dan Post Conference belum berjalan dengan optimal sesuai SOP rumah sakit, dan dilakukan implementasi yaitu Membuat Media Edukasi Leaflet dan Melakukan Sosialisasi kepada perawat tentang pre dan post Conference, Hasil kegiatan Media edukasi leaflet untuk perawat sudah tersedia di ruangan Alamanda  dan Kegiatan sosialisasi berjalan dengan baik dan pemahaman meningkat setelah diberikan edukasi terkait pre dan post Conference.

Simpulan: Laporan ini dapat dijadikan sebagai acuan dasar keterlibatan dan tolok ukur kepala ruangan serta staf keperawatan lainnya dalam mengoptimalkan pelaksanaan pre dan post Conference pada Pasien untuk meningkatkan keselamatan pasien.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amalia, E., Akmal, D., & Sari, Y. (2015). Hubungan pre dan post conference keperawatan dengan pelaksanaan asuhan keperawatan di RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi tahun 2015. Jurnal Kesehatan Perintis, 2(4), 275151.

Anam, Nining dkk. 2013. Pedoman Praktik Pembelajaran Microteaching. Surakarta: Laboratorium FKIP Universitas Muhammadiyah

Bambang Riyanto. 2019, Dasar – Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi. Keempat, Cetakan Ketujuh, Yogyakarta : YBPFE UGM.

Cecep, H. dkk. (2019). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Medan: Yayasan Kita. Menulis.

Dwi permatasari, Maria suryani, wulandari (2014) Efektifitas post Conference terhadap operan sifdi ruang rawat inap RSUD Ungarang,. Jurnal Karya Ilmiah

Hersey dan Blanchard. 2016. Management Of Organizational Behavior: Utilizing Human Resources, Prentice Hall, New Jersey.

Kozier, Erb, Berman, Snyder. (2016). Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses & Praktik. Jakarta : EGC

Marquis, B. L. & Huston, C. J. (2017). Kepemimpinan dan manajemen keperawatan : teori dan aplikasi, (Ed. 4). Jakarta : EGC.

Mugianti, S. (2016). Modul bahan ajar cetak_manajemen dan kepemimpinan dalam praktik keperawatan (1st ed.). Jakarta Selatan: Kemenkes RI

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam praktek keperawatan. Profesional, Edisi 4. Jakarta : Salemba Medika

PPNI. (2018). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia : Definisi dan Tindakan Keperawatan. (1st ed.). Jakarta: DPP PPNI.

Roussel, L., Swansburg, R. C., & Swansburg, R. J. (Eds.). (2014). Management and leadership for nurse administrators. Jones & Bartlett Learning.

septiari (2012) Infeksi nosokomial. Penerbit nuha medica. Jakarta.

Suyanto 2015, Pemrogaman Java: Pengenalan Java. Jurnal komputer.

Triwibowo, Cecep. 2015. Pengantar Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat.Nuha. Medika:Yogyakarta.

WHO. World Health Statistics 2017 : Monitoring Health for The SDGs. [Internet]. World Health Organization. 2017. 103 p

Unduhan

Diterbitkan

31-05-2024

Cara Mengutip

Suhendra, A. ., Wulandari, R. Y. ., Surmiasih, S., & Nugroho, T. A. . (2024). Penerapan Pre Dan Post Conference Di Ruang Alamanda Rumah Sakit HI M Yusuf Kotabumi. Majalah Cendekia Mengabdi, 2(2), 104–111. https://doi.org/10.63004/mcm.v2i2.374