Cegah Stunting Dengan Cara Melakukan Antropometri Dari Sekarang (GATINGRAPORIRANG)

Penulis

  • Paul Joae Brett Nito Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
  • Onieqe Ayu Dhea Manto Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
  • Umi Hanik Fetriyah Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
  • Aisyah Munawarah Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
  • Aisyah Pratiwi Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
  • Ain Nurvela Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
  • Widia Widia Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
  • Tri Ayu Aulia Rahmah Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
  • Ahmad Ranai Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
  • Al Mustafa Kamal Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
  • Almaida Almaida Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia

DOI:

https://doi.org/10.63004/mcm.v2i3.478

Abstrak

Pendahuluan: Stunting adalah masalah gizi kronis pada anak yang masih tinggi di Indonesia, mempengaruhi perkembangan fisik, mental, dan kecerdasan anak. Meskipun prevalensi menurun, upaya pencegahan tetap diperlukan untuk mencapai target kesehatan yang diharapkan. Pencegahan stunting memerlukan penanganan komprehensif dari berbagai pihak, termasuk orang tua, lingkungan, dan tenaga kesehatan. Deteksi dini melalui pengukuran antropometri, terutama berat dan tinggi badan, penting untuk pencegahan stunting. Selain itu, pendidikan kesehatan dan penyuluhan untuk ibu berperan penting dalam meningkatkan pengetahuan tentang stunting dan upaya pencegahannya.

Tujuan: Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu untuk memberikan Edukasi kepada siswa/i SD Negeri Sungai Lulut 8 kemudian memberikan pengetahuan secara langsung tentang Cegah Stunting Dengan Cara Melakukan Antropometri Dari Sekarang (GATINGRAPORIRANG).

Metode: Metode pengumpulan data pada kegiatan edukasi berupa pemberian pengetahuan, pengukuran antropometri serta memberikan Pre-Test dan Post-Test kepada siswa/i kelas 6 SD Negeri Sungai Lulut 8 untuk mengukur tingkat pengetahuan.

Hasil: Hasil dari Pelaksanaaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini melibatkan 29 siswa/i dalam kegiatan satu hari yang mencakup pre-test, materi, sesi tanya jawab, dan post-test. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan siswa tentang Stunting, dengan persentase pemahaman kategori Tinggi meningkat dari 34% menjadi 93% dan kategori Rendah dari 14% menjadi 0%. Program ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang cegah stunting dengan cara melakukan antropometri.

Simpulan: Pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa para peserta memahami dan mampu menerapkan Cegah Stunting Dengan Cara Melakukan Antropometri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asrina Pitayanti, Sesaria Betty Mulyati, & Faqih Nafiul Umam. (2022). Deteksi Dini Cegah Stunting (“Deni Cheting”) Pada Balita di Posyandu Krajan II. Jurnal Bhakti Civitas Akademika, 5(1), 24–3.

Iqbal Kusumabaka Rianse, Sri Rejeki, Faradilla, RH Fitri Faradilla, Tamrin, Hermanto, Mariani L, Baihaqi. (2024). Penyuluhan dan Pengukuran Status Gizi Secara Antropometri di Desa Amohola Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan. Indonesian Journal of Community Dedication (IJCD), 6(2), 11-15. pISSN: 2622-9595, eISSN: 2623-0097.

Linuria Asra Laily & Sofwan Indarjo (2023). Literature Review: Dampak Stunting terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. HIGEIA Journal of Public Health Research and Development, 7(3), 354-358.

Ludya, M., Herlambang, Y., & Yunidar, D. (2023). Produk alat ukur tinggi dan berat badan pendeteksi stunting dengan fitur hiburan untuk anak usia 2-5 tahun. Produktum: Jurnal Desain Produk (Pengetahuan dan Perancangan Produk),6(1),51-62.

Notoatmojo. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2020 World Health Organization, Lyell GJ. WHA Global Nutrition Targets 2025: Breastfeeding Policy Brief. Grobal targets. 2020;(21 April, 2021):8. doi:WHO/NMH/NHD/14.3.

Saiful Anwar, Eko Winarti & Sunardi. (2022). Systematic Review Faktor Risiko, Penyebab dan Dampak Stunting Pada Anak (Systematic Review Risk Factors, Causes and Impact of Stunting in Children). Jurnal Ilmu Kesehatan, 11(1), 88-92.

Wellina, w. f., Kartasurya, m. i., & Rahfilludin, M. Faktor resiko stunting pada anak umur 12 - 24 bulan. depertemen ilmu gizi fakultas kedokteran universitasdiponegoro, semarang: 2020: 5 (1), 55 - 61.

Yulaikhah, L., Kumorojati, R., Puspitasari, D., & Eniyati. (2020). Upaya Pencegahan Stunting Melalui Deteksi Dini Dan Edukasi Orangtua Dan Kader Posyandu Di Dukuh Gupak Warak Desa Sendangsari Pajangan Bantul Yogyakarta. Journal of Innovation in Community Empowerment, 2(2),71–78.

Zahara, E., & Yushida, Y. (2022). Edukasi dan deteksi dini stunting pada anak dibawah dua tahun. Jurnal PADE: Pengabdian & Edukasi, 4(2), 97. https://doi.org/10.30867/pade.v4i2.1059.

Unduhan

Diterbitkan

31-08-2024

Cara Mengutip

Nito, P. J. B. ., Manto, O. A. D. ., Fetriyah, U. H. ., Munawarah, A. ., Pratiwi, A. ., Nurvela, A. ., Widia, W., Rahmah, T. A. A. ., Ranai, A. ., Kamal, A. M. ., & Almaida, A. (2024). Cegah Stunting Dengan Cara Melakukan Antropometri Dari Sekarang (GATINGRAPORIRANG). Majalah Cendekia Mengabdi, 2(3), 176–182. https://doi.org/10.63004/mcm.v2i3.478

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama