Satuan Acara Penyuluhan Pemberian Terapi Modalitas Bermain Puzzle

Penulis

  • Angga Irawan Program Studi Profesi Ners, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia Banjarmasin
  • Nurwidya Novela Program Studi Profesi Ners, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia Banjarmasin
  • Rani Normaya Sari Program Studi Profesi Ners, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia Banjarmasin
  • Santia Andira Pradini Program Studi Profesi Ners, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia Banjarmasin
  • Wanti Kartika Program Studi Profesi Ners, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.63004/mcm.v2i2.369

Kata Kunci:

Interaksi sosial, Kualitas hidup, Lansia, Penurunan kognitif, Terapi modalitas bermain puzzle

Abstrak

Pendahuluan: Terapi modalitas bermain puzzle telah menjadi salah satu pendekatan yang efektif dalam mengatasi penurunan kognitif pada lansia.

Tujuan: Pengabdian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil terapi modalitas bermain puzzle pada lansia di Panti Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial (PPRSLU) Budi Sejahtera Banjarbaru.

Metode: Metode terapi modalitas bermain puzzle dilakukan di PPRSLU Budi Sejahtera Banjarbaru melalui tahapan persiapan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi, dan dokumentasi. Kegiatan terapi dilakukan pada 5 Oktober 2023, dengan target peserta lansia di wisma kenanga PPRSLU.

Hasil:  Hasil pengabdian menunjukkan bahwa mayoritas responden mengalami penurunan daya ingat (50%) dan konsentrasi (40%), namun terapi ini membantu mengurangi tingkat kecemasan (60%) yang mungkin dialami oleh lansia. Interaksi sosial yang cukup baik (50%) selama terapi puzzle juga menunjukkan manfaat sosial dari terapi ini.

Simpulan: Dari hasil pengabdian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa, terapi modalitas bermain puzzle dapat menjadi pilihan tambahan yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup lansia yang mengalami penurunan kognitif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N. P. W., ...., & Suryana, S. (2021). Metodologi Pengabdian Kesehatan. Yayasan Kita Menulis.

Hermiana, H. (2012). Buku Keperawatan Gerontik. Gunung Mulia.

Nurleny, N., Hasni, H., Yazia, V., Kontesa, M., & Suryani, U. (2021). Melatih Kognitif Melalui Terapi Puzzle Terhadap Tingkat Demensia Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Sabai Nan Aluih Sicincin Padang Pariaman Tahun 2021. Jurnal Abdimas Saintika. https://jurnal.syedzasaintika.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1239

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Pengabdian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Unik, U. (2017). Puzzle, Permainan Sederhana Namun Memiliki Banyak Manfaat. EGC.

Unduhan

Diterbitkan

19-05-2024

Cara Mengutip

Irawan, A. ., Novela, N. ., Sari, R. N., Pradini, S. A. ., & Kartika, W. . (2024). Satuan Acara Penyuluhan Pemberian Terapi Modalitas Bermain Puzzle. Majalah Cendekia Mengabdi, 2(2), 74–79. https://doi.org/10.63004/mcm.v2i2.369

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama