Kombinasi Expressive Writing Text Dengan Terapi Musik Mozart Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Pasien Di Ruang Perawatan Khusus Napza

Penulis

  • Rian Tasalim Universitas Sari Mulia
  • Ardianto Priwijaya Univesitas Sari Mulia
  • Fifi Juwarsih Universitas Sari Mulia
  • Noorlinda Noorlinda Unniversitas Sari Mulia
  • Nurwidya Novela Univesitas Sari Mulia
  • Rani Normaya Sari Universitas Sari Mulia
  • Trisna Devina Univesitas Sari Mulia

DOI:

https://doi.org/10.63004/mcm.v2i3.408

Kata Kunci:

Expressive Writing Text, Kecemasan, Napza

Abstrak

Pendahuluan: Peningkatan jumlah penyalahgunaan NAPZA dari tahun ke tahun semakin memprihatinkan, Berdasarkan Badan Narkotika Nasional, dari tahun 2015 sampai 2019 telah dilaporkan total kasus NAPZA sebanyak 6.207 kasus. Dampak buruk dari penggunaan NAPZA dapat menyebabkan depresi, gangguan jiwa, ketergantungan, gangguan kecemasan dan melakukan tindakan kejahatan sehingga diperlukan intervensi berupa pencegahan, penyembuhan dan rehabilitasi terhadap penyalahgunaan NAPZA.

Tujuan: Menganalisis tingkat kecemasan sebelum dan sesudah pemberian intervensi Expressive Writing Text dengan Terapi Musik Mozart

Metode: Metode yang digunakan dalam terapi aktivitas kelompok ini adalah menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, terapi dilakukan dari tanggal 6-9 Mei 2024. Sampel sebanyak 11 responden dengan kriteria penyalahgunaan Napza yang sudah kooperatis, tidak mengalami gangguan komunikasi verbal, bisa baca tulis dan bersedia mengikuti TAK sampai selesai. Analisis data menggunakan Uji Paired T-Test.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat pre test, sebagian besar responden memiliki tingkat kecemasan normal sebanyak 6 orang (54,5%). Sedangkan pada saat post test, seluruh responden memiliki tingkat kecemasan normal yaitu sebanyak 11 orang (100%). Hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan intervensi expressive wrting text dengan terapi musik mozart untuk menurunkan tingkat kecemasan pasien di Ruang Perawatan Khusus Napza Pria Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum.

Simpulan: Terdapat perbedaan yang bermakna sebelum dan sesudah pemberian intervensi Expressive Writing Text dengan Terapi Musik Mozart untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Pasien Diruang Perawatan Khusus Napza Pria Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Donsu, J. D. T. (2017). Psikologi Keperawatan : Aspek - Aspek Psikologi, Konsep Dasar Psikologi, Teori Perilaku Manusia. Pustaka Baru Press.

Hidayat, A. A. (2019). Metodologi Keperawatan. UMSurabaya Publishing.

Humas BNN. (2019). Apa itu Psikotropika dan Bahayanya ? Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia.

Novitasari, N. P. A. (2020). Gambaran Asuhan Keperawatan Pemberian Terapi Menulis Ekspresif Untuk Mengatasi Ansietas Pada Pecandu NAPZA di Yayasan Gerasa Bali Tahun 2020. Poltekkes Denpasar Jurusan Keperawatan.

Pieter, P., Zan, H., & et al. (2011). Pengantar Psikopatologi untuk Keperawatan. Kencana Predana Media Group.

Purnamarini, D. P. A., Setiawan, T. I., & Hidayat, D. R. (2016). Pengaruh Terapi Expressive Writing Terhadap Penurunan Kecemasan Saat Ujian Sekolah (Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XI di SMA Negeri 59 Jakarta). INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 36. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.051.06

Saifudin, M., & Kholidin, M. N. (2020). Pengaruh Terapi Menulis Ekspesif Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Siswa Kelas Xll MA Rahulm Amin Yayasan SPMMA (Sumber Pendidikan Mental Agama Allah) Turi di Desa Turi Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Media Komunikasi Ilmu Kesehatan, 9(3).

Sutejo, S. (2019). Keperawatan Jiwa : Konsep dan Praktik Asuhan Keperawatan Kesehatan Jiwa Gangguan Jiwa dan Psikososial. Pustaka Baru Press.

Unduhan

Diterbitkan

31-08-2024

Cara Mengutip

Tasalim, R. ., Priwijaya, A. ., Juwarsih, F. ., Noorlinda, N., Novela, N. ., Sari, R. N. ., & Devina, T. . (2024). Kombinasi Expressive Writing Text Dengan Terapi Musik Mozart Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Pasien Di Ruang Perawatan Khusus Napza. Majalah Cendekia Mengabdi, 2(3), 196–201. https://doi.org/10.63004/mcm.v2i3.408

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama