Edukasi Tentang Persiapan Menyusui Secara Eksklusif Pada Kelompok Ibu Hamil

Penulis

  • Frani Mariana Universitas Sari Mulia
  • Putri Yuliantie Universitas Sari Mulia
  • Maisarah Maisarah Universitas Sari Mulia

DOI:

https://doi.org/10.63004/mcm.v1i3.185

Kata Kunci:

Edukasi, Persiapan Menyusui Eksklusif , Ibu Hamil

Abstrak

Pendahuluan: Pemberian ASI sejak dini dan secara eksklusif sangat penting bagi kelangsungan hidup seorang anak karena dapat melindungi dari berbagai penyakit. Penyakit yang rentan dialami dapat berakibat fatal, seperti diare dan pneumonia . Menurut data Riskesdas  tahun 2021,  sebesar 52,5 % atau hanya setengah dari 2,3 juta bayi berusia kurang dari enam bulan, yang mendapat ASI secara eksklusif di Indonesia, atau menurun 12%, dari angka di tahun 2019. Hal ini, ketersediaan layanan edukasi tentang persiapan menyusui secara eksklusif untuk semua ibu hamil, baik secara tatap muka maupun melalui platform digital sangat diperlukan.
Tujuan: Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman dan kesadaran ibu hamil  untuk bisa berpartisipasi aktif menyusui bayi secara eksklusif setelah bayi lahir sampai usia 6 bulan.
Metode: Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berupa penyuluhan tentang ASI Eksklusif dan persiapan menyusui serta dilanjutkan dengan diskusi. Kegiatan ini diikuti oleh Ibu Hamil dengan jumlah 13 orang.
Hasil: Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukan adanya peningkatan pengetahuan ibu hamil sebelum dan setelah dilakukan kegiatan. Hasil kegiatan ini juga, semua ibu hamil setelah melahirkan memiliki keinginan untuk menyusui secara eksklusif sampai usia bayi 6 bulan.
Simpulan: Kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan melalui penyuluhan dan diskusi, dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan ibu hamil  mengenai pentingnya persiapan menyusui secara eksklusif,  sehingga ibu hamil akan berpartisipasi aktif menyusui bayinya secara eksklusif,  setelah bayi lahir sampai usia 6 bulan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Badan Pusat Statistik. 2023. Persentase Bayi Usia Kurang Dari 6 Bulan Yang Mendapatkan Asi Eksklusif Menurut Provinsi (Persen), 2020-2022. https://www.bps.go.id/indicator/30/1340/1/.html

Rosida, D. A. C., Nuraini, I., & Rihardini, T. (2020). Usaha untuk Meningkatkan Cakupan ASI Eksklusif dengan Pendekatan Emotional Demonstration “ASI Saja Cukup”. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 25-32.

Kemenkes RI. (2022). Apa Saja Sih yang Perlu Disiapkan Ibu untuk Meng-ASI-hi si Kecil? https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/663/.

Rizaty, M.A., (2022). Cakupan Pemberian Asi Ekslusif Di 20 Provinsi Ini Masih Di Bawah Nasional. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/25/

Tyastuti, S., & Wahyuningsih, H. P. (2016). Asuhan Kebidanan Kehamilan. Jakarta: Pusdik SDM Kesehatan.

UNICEF. (2022). Pekan Menyusui Sedunia: UNICEF dan WHO Serukan Dukungan Yang Lebih Besar Terhadap Pemberian ASI di Indonesia seiring penurunan tingkat menyusui selama pandemi COVID-19. https://www.unicef.org.

jurnal pengabdian masyarakat

Unduhan

Diterbitkan

01-08-2023

Cara Mengutip

Mariana, F., Yuliantie, P. ., & Maisarah, M. (2023). Edukasi Tentang Persiapan Menyusui Secara Eksklusif Pada Kelompok Ibu Hamil. Majalah Cendekia Mengabdi, 1(3), 122–126. https://doi.org/10.63004/mcm.v1i3.185