Edukasi DAGUSIBU Antibiotik Yang Tepat Untuk Mencegah Resistensi Bakteri Di Kelurahan Basirih

Penulis

  • Rina Saputri Universitas Sari Mulia
  • Ali Rakhman Hakim Universitas Sari Mulia
  • Mustaqimah Mustaqimah Universitas Sari Mulia

DOI:

https://doi.org/10.63004/mcm.v1i2.155

Kata Kunci:

Antibiotik, edukasi, DAGUSIBU

Abstrak

Pendahuluan: Penggunaan Antibiotika terus meningkat, akan tetapi tidak diiringi dengan pengetahuan yang baik. Penggunaan antibiotika yang tidak tepat berisiko tinggi menyebabkan resistensi antibiotika. Banyak masyarakat yang masih membeli antibiotik secara bebas dan menghentikan pengobatan ketika gejala sudah membaik tanpa mengetahui dampaknya.
Tujuan: Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang DAGUSIBU Antibiotika yang tepat.
Metode: Metode yang digunakan adalah metode pembelajaran kooperatif. Masyarakat diberi pendidikan pengetahuan tentang cara mendapatkan, menggunakan, menyimpan, dan membuang antibiotika yang tepat dengan menggunakan media leaflet dan Banner. Peserta dari kegiatan adalah Ibu – ibu Kelurahan Basirih.
Hasil: Hasil dari kegiatan ini adalah terjadinya peningkatan pengetahuan Ibu – ibu Desa Basirih tentang cara mendapatkan, menggunakan, menyimpan, dan membuang antibiotika yang tepat.
Simpulan: Terjadinya peningkatan pengetahuan masyarakat tentang DAGUSIBU Antibiotika yang tepat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Depkes RI, 2008, Materi Pelatihan Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Memilih Obat Bagi Tenaga Kesehatan, Direktorat Bina Penggunaan Obat Rasional, Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Hakim, A. R., Saputri, R., Zulliati, Z., & Mustaqimah, M. (2023, January). P Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Mengedukasi Dari Kader Kesehatan Tentang Penyakit Hipertensi: Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Mengedukasi Dari Kader Kesehatan Tentang Penyakit Hipertensi. In Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Tangguh (Vol. 2, No. 1, pp. 1-9).

Kementerian Kesehatan RI. 2011. Modul Penggunaan Obat Yang Rasional untuk Mencegah Resistensi. Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. 2015. Program Pengendalian Resistensi Antibiotika Di Rumah Sakit. Jakarta : Direktorat Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan.

PP IAI. 2014. Pedoman Pelaksanaan Gerakan Keluarga Sadar Obat. Jakarta.

Saputri, R., & Hakim, A. R. (2021). Profile of Using Antibiotics in Puskesmas Hantakan and Profile of DAGUSIBU Antibiotics in Hantakan Village and Alat Village. Journal Pharmaceutical Care and Sciences, 1(2), 126–131. https://doi.org/10.33859/jpcs.v2i1.71

Saputri, R., Hakim, A. R., & Mustaqimah, M. (2022). Edukasi dagusibu obat tukak peptik di Kelurahan Mantuil Kota Banjarmasin. Ruang Cendekia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 222-224.

Saputri, R., Hakim, A. R., & Mustaqimah, M. (2023). Edukasi DAGUSIBU Obat Pada Kelompok Palang Merah Remaja SMAN 1 Gambut. Majalah Cendekia Mengabdi, 1(1), 16–20.

jurnal pengabdian masyarakat

Unduhan

Diterbitkan

31-05-2023

Cara Mengutip

Saputri, R., Hakim, A. R., & Mustaqimah, M. (2023). Edukasi DAGUSIBU Antibiotik Yang Tepat Untuk Mencegah Resistensi Bakteri Di Kelurahan Basirih. Majalah Cendekia Mengabdi, 1(2), 57–60. https://doi.org/10.63004/mcm.v1i2.155

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>