Hubungan Komunikasi Terapeutik dan Caring Perawat dalam Pelaksanaan Asuhan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung

Penulis

  • Ria Pratiwi Sinhta Dewi Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu
  • Yunina Elasari Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu
  • Surmiasih Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu
  • Moh. Heri Kurniawan Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.63004/hrji.v2i3.326

Kata Kunci:

komunikasi terapeutik, kepuasan pasien, perhatian

Abstrak

Pendahuluan: Kepuasan pasien merupakan indikator penting dalam pelayanan kesehatan terutama di rumah sakit. Kepuasan yang dirasakan pasien akan mendorong pasien untuk mematuhi rencana pengobatan dan mendorong pasien menggunakan pelayanan kesehatan yang sama. Perawat memiliki peranan penting dalam proses tercapainya kepuasan yaitu melalui komunikasi terapeutik dan caring terhadap pasien. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan komunikasi terapeutik dan caring perawat dalam pelaksanaan asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien di instalasi gawat darurat rumah sakit Bhayangkara Polda Lampung Tahun 2023. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain survey analitik dan rancangan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien di instalasi gawat darurat rumah sakit Bhayangkara Polda Lampung sebanyak 400 responden dengan sampel sebanyak 80 responden Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling. Analisa data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji Gamma. Hasil: Analisis univariat diketahui bahwa responden dengan komunikasi terapeutik baik sebanyak 55 responden (68,8%), responden dengan caring perawat baik sebanyak 55 responden (68,8%) dan responden dengan kategori puas sebanyak 60 responden (75,0%). Analisa bivariat diketahui bahwa ada hubungan antara komunikasi terapeutik (p-value <0,001) dan caring perawat (p-value 0,001) dengan kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat rumah sakit Bhayangkara Polda Lampung Tahun 2023.Simpulan:  Bagi fasilitas kesehatan khususnya rumah sakit agar dapat memberikan edukasi dan pelatihan secara berkala kepada perawat secara berkala khususnya tenaga perawat tentang peranan komunikasi terapeutik dan caring tehadap kepuasan pasien.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aisyah, S., Imani, C. M. W. & Rahayu, P. (2022). Hubungan Caring Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap 1 Rumah Sakit Umum Haji Surabaya. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah 7 (2) 2022.

Astutik, A. (2018). Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Program Studi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan “Insan Cendekia Medika” Jombang 2018.

Anjaswarni,T. (2016). Komunikasi dalam Keperawatan: Modul Bahan. Ajar Keperawatan. Jakarta: Pusdik SDM Kesehatan,

Dahlan, S, (2014). Statistik Untuk Kedokteran Dan Kesehatan. Jakarta, Salmba Medika.

Erita. (2021). Modul Bahan ajar Caring. Prodi DIII Keperawatan Fakultas Vokasi Universitas Kristen Indonesia 2021

Hastono, S. P. (2017). Analisa Data Pada Bidang Kesehatan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Hidayati, S., Itsna, I. N., Ratnaningsih, A. & Ni’mah, J. (2023). Penerapan caring perawat pada pasien emergency di Ruang Ugd Rumah Sakit di Tegal. Malahayati Health Student. Volume 3 Nomor 8 Tahun 2023.

Jusliawati, Haskas, Y. & Fauzia, L. (2023). Hubungan komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien di RSUD Labuang Baji Makassar. JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan Volume 3 Nomor 4, 2023.

Kemenkes RI. (2018). Gatekeeeper Concept Faskes BPJS Kesehatan 2015.

Kusmiran, (2015). Soft Skills Caring. Jakarta: Trans Info Media.

Lesmana, I. S. (2021). Hubungan Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Program Studi Sarjana Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun 2021.

Langingi, A. R. C. (2015). Hubungan Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Sains Dan Kesehatan (2022), Volume 01, Nomor 02

Mundakir. (2016). Buku Ajar Komunikasi Pelayanan Kesehatan. Jakarat : Indomedia Pustaka.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Pohan, I. S. (2015). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : Dasar-Dasar Pengertian Dan Penerapan. Jakarta : EGC.

Pratiwi, R. D. & Pertiwi, D. S. (2018). Hubungan komunikasi terapeutik dan caring dengan kepuasan pasien terhadap perawat ruang rawat inap penyakit dalam Rumah Sakit Umum Multazam Medika Bekasi Timur. Edudharma Journal Vol 2 No. 2 September 2018

Priyoto. (2015). Komunikasi dan Sikap Empati dalam Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ramadia, A. Rahmaniza & Maulidi, A. (2022). Hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia Volume 10.

Roymond & Simamora. (2015). Buku Ajar Manajemen Keperawatan. Jakarta: EGC

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed. Methods). Bandung : Alfabeta.

Wandira, F., Andoko. & Gunawan, M. R. (2022). Hubungan tingkat pendidikan dan masa kerja dengan keterampilan perawat dalam melakukan komunikasi terapeutik di Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin. Malahayati Nursing Journal.

Diterbitkan

10-02-2024

Cara Mengutip

Dewi, R. P. S. ., Elasari, Y., Surmiasih, & Kurniawan, M. H. (2024). Hubungan Komunikasi Terapeutik dan Caring Perawat dalam Pelaksanaan Asuhan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung. Health Research Journal of Indonesia, 2(3), 210–218. https://doi.org/10.63004/hrji.v2i3.326

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama