Pengaruh Edukasi Audiovisual Tentang Menarche Terhadap Pengetahuan dan Kesiapan Menghadapi Menarche di SDN 01 Serupa Indah Way Kanan

Penulis

  • Kartika Aviliana Salihah Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu
  • Surmiasih Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu
  • Rini Palupi Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu
  • Riska Hediya Putri Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu

Kata Kunci:

Menarche, Pengetahuan, Kesiapan, Edukasi, Audiovisual

Abstrak

Latar Belakang: Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan sebanyak 367.127 remaja putri berada di lampung dan pada daerah kabupaten Way Kanan terdapat 37.222 remaja putri berusia 10-19 tahun. Menurut hasil pra survey di SDN 01 Serupa Indah dari 10 remaja putri terdapat 5 remaja putri mengatakan tidak tahu mengganti pembalut berapa kali dan tidak siap menghadapi menstruasi, Kemudian 3 remaja putri mengatakan bingung dalam menghadapi menstruasi dan kurang siap menghadapi menstruasi, dan 2 remaja putri mengatakan sudah mendapat pengetahuan tentang menstruasi sehingga siap menghadapi menstruasi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi audiovisual tentang menarche terhadap pengetahuan dan kesiapan menghadapi menarche. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pre eksperimen dengan one group pre test and post test design. Populasi penelitian sebanyak 52 orang dan dijadikan total sampel penelitian. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan media pendidikan kesehatan berupa video. Analisa data bivariat menggunakan uji Wilcoxon. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan remaja putri dalam menghadapi menarche meningkat, yaitu dari 6,00 menjadi 9,00. Kesiapan remaja putri dalam menghadapi menarche meningkat, yaitu dari 20,00 menjadi 24,00. Hasil analisa data di peroleh p-value < 0,001 (< 0,05), dapat disimpulkan terdapat pengaruh edukasi audiovisual terhadap peningkatan pengetahuan dan kesiapan dalam menghadapi menarche. Simpulan: Diharapkan petugas kesehatan dapat melakukan kegiatan penyuluhan ke sekolah dalam meningkatkan kesehatan reproduksi pada siswa dalam rangka kesiapan menghadapi menarche.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggita, Imas & Masturoh (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: 307.

Arikunto. (2013). Prosedur penelitian, suatu pendekatan praktek, Jakarta: rineka cipta.

Asriati. Hubungan Dukungan Orang Tua dan Sikap Remaja Putri Dengan Kesiapan Menghadapi Menarche Pada siswi Kelas VI Di SDN 9 Kota Kendari. Kendari. 2018

Badan Pusat Statistik (BPS). (2019). Jumlah Penduduk Indonesia Berdasarkan Umur Dan Jenis Kelamin Tahun 2019. Indonesia: Badan Pusat Statistik Indonesia.

BKKN, (2016). Reproduksi Remaja.

Budiarti, S. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Dengan Kesiapan Anak Menghadapi Masa Pubertas. Jurnal Kebidanan, Vol. IV, No. 01 Juni 2012.

Dwi Hendriani, (2019). Pendidikan kesehatan dengan media audiovisual tentang menarche terhadap pengetahuan dan kecemasan siswa

Eci Nopia, (2020). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan kesiapan menghadapi menarche pada siswi SDN 06 ipuh desa semundam kecamatan ipuh kabupaten mukomuko

Eka, (2021). Kesehatan Reproduksi Wanita. Edisi Revisi. Jakarta : CV. Trans InfoMedia.

Erni & Sitti. (2015). Sumber Informasi Dan Pengetahuan Tentang Menstrual Hygiene Pada Remaja Putri. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Han, H. R, (2009). Measuring Anxiety In Children : A Methodological Review Of The Literature. Asian Nursing Research.

Haruna, S.R., & Rahim, A. (2020). Hubungan tingkat pengetahuan dan kesiapan menghadapi menarche dengan kecemasan siswi pada kelas V dan VI si SD Inpres Tello Baru 1/1.

Hendriani, Dwi (2019). Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audiovisual Tentang Menarche Terhadap Pengetahuan Dan Kecemasan Siswa.

Hidayah, N. & Palila, S. (2018). Kesiapan menghadapi menarche pada remaja putri prapubertas ditinjau dari kelekatan aman anak dan ibu.

Indriyani, Diyan (2015).Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Irnawati, (2019). Hubungan Pengetahuan Dan Kesiapan Remaja Tentang Personal Hygiene Dengan Tingkat Kecemasan Selama Menstruasi Di Yayasan Surban MTS Pacet Mojokert [skripsi]. Mojokerto Stikes Mojokerto.

Jessi (2023). Pengaruh Dukungan Ibu Dan Kesiapan Remaja Putri Menghadapi Menarche di Desa Sanur [skripsi]. Bali: Universitas Udayana.

Khoiriah, Restu. (2018). Hubungan tingkat pengetahuan tentang menstruasi dengan kesiapan menghadapi menarche pada siswi SD Nahdlatul Ulama Yogyakarta.

KI, Fudyatanta. (2012). Psikologi Keprobadian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lubis, Namora Lumongga. 2013. Psikologi Kespro Wanita dan Perkembangan Reproduksinya. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Meizela, Dora. (2020). Hubungan pengetahuan dengan kesiapan siswi kelas V dalam menghadapi menarche di SD Negeri 79 Kota Bengkulu Tahun 2020.

Mulyadi, M. I, Wajirman, & Chrisnawati. (2018). Efektivitas penkes dengan media video terhadap tingkat pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat. Jurnal keperawatan STIKES Suaka Insan.

Natalia, R. (2019). Pengaruh pemberian penkes dengan media audiovisual terhadap kemampuan anakprasekolah dlam melakukan personal angewandte chemie international edition.

Nazariana, (2017). Kesehatan Remaja Problem dan Solusinya. Jakarta: Penerbit Salemba Medika.

Nilawati, Ida, Sumarni, & Santjaka, Aris .(2013). Hubungan Dukungan Ibu Dengan Kecemasan Remaja Dalam Menghadapi Menarche di SD Negeri Lomanis 01 Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap. Jurnal Ilmiah Kebidanan Vol IV No. 1 Edisi Desember 2013.

Nixson. (2016). Terapireminiscence Solusi Pendekatan Sebagai Upaya Tindakan Kepewawatan Dalam Menurunkan Kecemasan, Stress, Dan Depresi. Jakarta: Trans Info Media.

Notoatmodjo, S. (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2018). Pendidikan kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Novita, (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan Remaja Putri Dalam Menghadapi Menarche di SMP Negeri 5 Darul Makmur Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya [skripsi]. Aceh : STIKES U‟Budiyah Banda Aceh.

Nurifa, S. (2021). Usia Menarche Perempuan Indonesia Semakin Muda.

Nurul (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Tingkat Kesiapan Remaja Dalam Menghadapi Menarche Pada Siswi Kelas V dan VI di SD Negeri 1 Ceper Klaten Tahun 2019 [skripsi]. Yogyakarta: Politeknik Kesehatan Kementrian KesehatanYogyakarta.

Prawirohardjo. (2014). Ilmu kebidanan. Jakarta: yayasan bina pustaka sarwono.

Pri utami, Ananda yunita. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Tingkat Kecemasan Remaja Dalam Menghadapi Menarche Pada Siswi Kelas V Dan VI Di SD Negeri 1 Ceper Klaten Tahun 2019. Yogyakarta. 2019

Raden, (2020). Tingkat Kesiapan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi. Jurnal FamilyEdu. 1(2):135-149.

Rahmawati, (2023). Kesiapan Menghadapi Menarche pada Remaja Putri Prapubertas Ditinjau dari Kelekatan Aman Anak dan Ibu. Jurnal Ilmiah Psikologi. 5(1): 25-29.

Ratnasari, (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Oleh Kelompok Sebaya (Peer Group) terhadap Kesiapan Menghadapi Menarche pada Siswi Kelas V di SD Muhammadiyah Pringgokusuman Yogyakarta [skripsi].Yogyakarta.STIKES'Aisyiyah Yogyakarta.

Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). (2019). Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2019. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Republik Indonesia.

Riska, (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Tentang Menarche Pada Siswi Kelas VI Di SDN Baros Mandiri 2 Kota Cimahi Tahun 2015

Shinta Yulia, dkk. (2021). Hubungan Dukungan Ibu (Orang Tua) Dengan Kesiapan Remaja Putri Menghadapi Menarche. Diakses 25 mei 2023.

Sianipar, Olaf. (2009). Pravelensi Gangguan Menstruasi Dan Faktor-Faktor Yang Berhubungan Pada Siswi SMU Di Kecamatan Pulo Gadung Jaktim.

Siregar, D.S. (2018). Hubungan dukungan keluarga tentang menstruasi dengan kesiapan remaja putri menghadapi menarche di SMP swasta Nurul Ilmi Padang sidimpuan.

Sulistyoningsih, E. Hubungan Kesiapan Menghadapi Menarche dengan Perilaku Vulva Hygiene Remaja Putri di Sekolah Dasar Negeri Kebonsari 04 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Jember. 2014.

Sumarni, (2018). Hubungan Kesiapan Menghadapi Menarche dengan Perilaku Vulva Hygiene Remaja Putri Di Sekolah Dasar Negeri Kebonsari 04 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember [skripsi]. Jember: Universitas Jember.

Supratingsih, 2014. Psikologi Ibu Dan Anak. Fitramaya.Yogyakrta.

Susanti & Wulandari. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Usia Menarche Pada Siswi Kelas VIII MTsN 1 Bukittinggi Tahun 2016. Jurnal Kesehatan Prima Nusantar.

Suyanti, dkk. (2022). Hubungan Pengetahuan Dengan Tingkat Kecemasan Remaja Putri Dalam Menghadapi Haid Pertama Pada Siswi Kelas VII di MTsN 7 Sumedang Tahun 2022. Jurnal Kebidanan.

Viny Nuravni, dkk. (2021). Hubungan Pengetahuan Remaja Putri Tentang Menarche Dengan Kecemasan Menghadapi Menarche Di SDN 1 Pasirhalang Wilayah Kerja Puskesmas Sukaraja Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ilmu Kesehatan.

Wawan & Dewi, M. (2019). Teori pengukuran pengetahuan, sikap, dan perilaku manusia, Nuha Medika.

WHO. (2023). Remaja. Diambil dari https://platform.who.int/data/maternal-newborn-child-adolescent-ageing/adolescent-data.

Windaviv, S. (2014). Pengaruh penggunaan media audiovisual untuk meningkatkan minat belajar anak di kel BTK Perwanid Rejoso Nganjuk. Mahasiswa UNESA.

Yamani, A. Hubungan Pengetahuan Tentang Menarche Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Remaja Putri AwaL. Jombang. 2017

Psik, 1(OKTOBER), 1.

Yulikasari, (2015). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Kualitas Hidup LanjutUsia Pada Penderita Hipertensi Di Kelurahan Gayam Kabupaten Koharjo. https://eprints.ums.ac.i

Diterbitkan

31-08-2024

Cara Mengutip

Aviliana Salihah, K., Surmiasih, Palupi, R. ., & Hediya Putri, R. . (2024). Pengaruh Edukasi Audiovisual Tentang Menarche Terhadap Pengetahuan dan Kesiapan Menghadapi Menarche di SDN 01 Serupa Indah Way Kanan. Health Research Journal of Indonesia, 2(6), 337–346. Diambil dari https://wpcpublisher.com/jurnal/index.php/HRJI/article/view/327

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama