Penetapan Kadar Flavonoid Total Fraksi N-Butanol Dengan Metode Spektrofotometri UV-Vis Terhadap Ekstrak Daun Sukun (Artocarpus altilis)

Penulis

  • Mahdalena Mahdalena Universitas Sari Mulia
  • Ali Rakhman Hakim Universitas Sari Mulia
  • Putri Vidiasari Darsono Universitas Sari Mulia

Kata Kunci:

Daun Sukun, Kromatografi Lapis Tipis, Spektrofotometri UV-Vis

Abstrak

Daun Sukun (Artocarpus altilis) merupakan salah satu bagian tanaman dari banyak tanaman yang digunakan oleh masyarakat sebagai obat tradisional untuk menjaga kesehatan dan dapat menyembuhkan suatu penyakit salah satunya yaitu hipertensi. Senyawa yang berperan adalah senyawa flavonoid. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui kadar flavonoid total fraksi n-butanol dari ekstrak daun sukun (Artocarpus altilis) dengan metode Spektrofotometri UV-Vis. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi kandungan flavonoid dengan kromatografi lapis tipis dan menggunakan metode spektrofotometri UV – Vis. Hasil Penelitian dari ekstrak fraksi n-butanol daun sukun (Artocarpus altilis) mengandung senyawa flavonoid yang ditunjukan dengan nilai Rf ekstrak fraksi n-butanol daun sukun 0,6 yang nilai tersebut mendekati nilai Rf dari kuersein 0,375. Analisis kadar flavonoid ekstrak n-butanol daun sukun dilakukan pada panjang gelombang 418 nm dengan nilai absorbansi 0,090. Kadar flavonoid total dalam sampel dihitung dengan cara mengkalibrasi nilai absorbansi sampel dengan persamaan linear standar kuersetin yaitu y = 0,0128 x + 0,0182 dengan koefisien korelasi (R2) = 0,9960 dan didapatkan kandungan flavonoid total dalam ekstrak n-butanol daun sukun yaitu 4,2417 mg/L dengan persentase 0,42417%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kadar senyawa flavonoid total daun sukun sebanyak 4,2417 mg QE/g dengan persentase total flavonoid yaitu 0,42417%. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

07-10-2022

Cara Mengutip

Mahdalena, M., Hakim, A. R., & Darsono, P. V. (2022). Penetapan Kadar Flavonoid Total Fraksi N-Butanol Dengan Metode Spektrofotometri UV-Vis Terhadap Ekstrak Daun Sukun (Artocarpus altilis). Sains Medisina, 1(1), 1–8. Diambil dari https://wpcpublisher.com/jurnal/index.php/sainsmedisina/article/view/3

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>