Gambaran Pengetahuan Remaja tentang Program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) di MAN 1 Amuntai

Penulis

  • Ulvi Fahriah Program Studi Sarjana Kebidanan, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
  • Novita Dewi Iswandari Program Studi Sarjana Kebidanan, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
  • Ika Mardiatul Ulfa Program Studi Diploma Tiga Kebidanan, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia

DOI:

https://doi.org/10.63004/hrji.v1i6.220

Kata Kunci:

Pengetahuan, PKPR, Remaja

Abstrak

Pendahuluan: PKPR adalah program Pemerintah untuk melayani kesehatan remaja melalui Fasilitas Layanan Kesehatan dan Sekolah. Puskesmas Sungai Malang merupakan Puskesmas yang melaksanakan PKPR dan membina beberapa sekolah yang ada di Wilayah Amuntai salah satunya adalah MAN 1 Amuntai. Tetapi permasalahan yang terjadi adalah kegiatan hanya dilakukan satu kali  dalam satu tahun sehingga siswa merasa kurang terhadap pelayanan yang dilakukan. Tujuan: Mengetahui gambaran pengetahuan remaja tentang Program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Di MAN 1 Amuntai. Metode: Metode menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian adalah cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 50 remaja. Hasil: Hasil pengetahuan responden melalui kuesioner yang dibagikan didapatkan hasil bahwa tingkat pengetahuan responden sebagian besar adalah cukup dengan jumlah 28 orang atau 56%, pengetahuan baik terdapat 12 orang (24%) dan pengetahuan kurang terdapat 10 orang (20%). Kesimpulan: Sebagian besar pengetahuan remaja tentang program PKPR adalah cukup, hal tersebut kemungkinan diakibatkan kurangnya waktu dalam pelaksanaan pelayanan PKPR, sehingga diharapkan pihak sekolah dan Puskesmas dapat lebih sering memberikan informasi dan edukasi sesuai dengan program PKPR pada remaja.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al Karina, C., Sandra, C., & Herawati, Y. T. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) oleh Remaja Sekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Bondowoso. Pustaka Kesehatan, 8(2), 93–104.

Anggraeni, S., & Handayani, E. (2022). PEMBERDAYAAN REMAJA MELALUI PELATIHAN KONSELOR SEBAYA PADA SISWA SMK DUA DESEMBER PELAIHARI. Prosiding Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen UNISKA MAB, 1.

Arsani, N. L. K. A. (2013). Peranan program PKPR (pelayanan kesehatan peduli remaja) terhadap kesehatan reproduksi remaja di Kecamatan Buleleng. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1).

Laili, A. N., Riyanti, E., & Syamsulhuda, B. M. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Praktik Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (Pkpr) Oleh Remajadi Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 7(1), 421–429.

Sari, N. D., Musthofa, S. B., & Widjanarko, B. (2017). Hubungan Partisipasi Remaja dalam Kegiatan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) dengan Pengetahuan dan Persepsi Mengenai Kesehatan Reproduksi di Sekolah Menengah Pertama Wilayah Kerja Puskesmas Lebdosari. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 5(5), 1072–1080.

Situmorang, A. (2016). Pelayanan kesehatan reproduksi remaja di puskesmas: Isu dan tantangan. Jurnal Kependudukan Indonesia, 6(2), 21–32.

Yuniliza, Y. (2020). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Di Puskesmas Padang Laweh. J-HESTECH (Journal of Health Educational Science and Technology), 3(2), 77–94.

Diterbitkan

20-08-2023

Cara Mengutip

Fahriah, U., Iswandari, N. D. ., & Ulfa, I. M. . (2023). Gambaran Pengetahuan Remaja tentang Program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) di MAN 1 Amuntai. Health Research Journal of Indonesia, 1(6), 249–253. https://doi.org/10.63004/hrji.v1i6.220

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama