Pemberdayaan Perempuan Anggota Koperasi Purun Al-Firdaus Melalui Penerapan Smart Finance Application (SFIA)

Penulis

  • Analisa Analisa Program Studi Sarjana Akuntansi, Fakultas Humaniora, Universitas Sari Mulia
  • Nurhaeni Nurhaeni Program Studi Sarjana Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sari Mulia
  • Yuliarti Rezeki Program Studi Sarjana Manajemen, Fakultas Humaniora, Universitas Sari Mulia

DOI:

https://doi.org/10.63004/mcm.v1i4.316

Kata Kunci:

Purun, Pencatatan Keuangan, Pemasaran Digital, Web

Abstrak

Pendahuluan: Koperasi Purun Al-Firdaus memiliki beberapa permasalahan diantaranya sumber daya manusia  bagian keuangan tidak mampu mengoperasikan komputer dan melakukan pencatatan operasional keuangan meliputi penjualan, pembelian, penerimaan dan pengeluaran kas dengan benar. Pencatatan transaksi masih dilakukan secara manual. Hal ini, menyebabkan sering terjadi kehilangan buku catatan penjualan dan pengeluaran kas sehingga berdampak pada proses pertanggungjawaban laporan keuangan bulanan yang menjadi terkendala. Proses pemasaran pun masih dilakukan secara tradisional menggunakan pamflet dan status aplikasi chat yang berdampak pada pangsa pasar kerajinan purun ini terbatas di Kalimantan saja.
Tujuan: Pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan tujuan memberikan pelatihan kepada anggota koperasi yang mayoritas adalah ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan dalam menghasilkan kerajinan purun supaya bisa menggunakan Web aplikasi keuangan SFIA (Smart Financial Application)  dan web promosi serta, memberikan pendampingan dalam mengkreasikan model kerajinan purun.
Metode: Metode Pelaksanaan yang dilakukan dengan sistem Warrior Four Missing melalui metode Missing Based Learned yang akan dilakukan secara luring.
Hasil: Menunjukkan bahwa terdapat para pengrajin yang mampu menggunakan Smart Financial Application (SFiA) untuk pencatatan transaksi dan pembuatan laporan keuangan serta pengetalasean produk untuk dipasarkan di dalam web SFiA. 
Simpulan: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk pengrajin Purun Al-Firdaus ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan warrior four mission meliputi motivation class, Coaching Class, Creative Class dan The Day Intercamp yang telah dilaksanakan dengan baik dan di ikuti oleh banyak peserta PKM.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Holmes K, Rachel M, Gill G. (2012) A Study of How Independent Crafyspeople Adopt Social Media and Web Technologies. Journal Of Systems And Information. Vol 14(2). 142-152. DOI 10.1108/13287261211232162.

Ida F, Aryanto, Sunandar. (2018) Zahir Accounting. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol;2(2).

Kabiyo, Yiyin, Tajuddin Abdillah dan Nikmasari Pakaya., (2020) Aplikasi pencatatan Keuangan Berbasis Web. Journal Of System And Information Technology. Vol 1 No 1

Lubuk, JA.(2012)., Pemberdayaan pengrajin usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Anyaman purun oleh Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja di Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan.

Morris M. (2015) The Coopertaive Advantage For Social Inclusion Meet Uncooperative Government Regulation: International Cooperative Principles And Cooperative Housing Regulation in The Province of Ontario, Canada. Journal Of Entrepreneurial And Organizatonal Deversity. ;4(1):28-51

Rapitasari, Diana., (2016)., Application Based Digital Marketing As A Strategyy to Improve Customer Satisfacation. Jurnal cakrawala. Vol 10. No 2.

Vieta M, Doug L. (2015). Editorial : The Cooperative Advantage for Community development. Journal Of Entrepreneurial And Organizatonal Deversity.4(1):1-10

Unduhan

Diterbitkan

30-11-2023

Cara Mengutip

Analisa, A., Nurhaeni, N., & Rezeki, Y. (2023). Pemberdayaan Perempuan Anggota Koperasi Purun Al-Firdaus Melalui Penerapan Smart Finance Application (SFIA). Majalah Cendekia Mengabdi, 1(4), 321–329. https://doi.org/10.63004/mcm.v1i4.316

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama