Penyuluhan Dan Edukasi Tentang Pemanfaatan Tanaman Herbal Untuk Kesehatan Gigi Dan Gusi Di Jemaat GKII FILADELFIA FAMILY ALAK

Penulis

  • Yulia Kristyanti Universitas Citra Bangsa
  • Novi W Lutsina Universitas Citra Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.63004/mcm.v1i4.266

Kata Kunci:

Gigi, Gusi, Tanaman herbal

Abstrak

Pendahuluan: Greja GKII FAMILY ALAK berada di kecamatan alak NUSA TENGGARA TIMUR. Pada saat ini mempunyai jemaat sekitar 50 keluarga, di antaranya terdiri dari anak dan orang tua. Wilayah greja cukup jauh dari sarana kesehatan dan apotek, harus menempuh belasan kilo dari fasilitas kesehatan terdekat. Yang sering di alami jemaat adalah sakit gigi dan gusi. Di karenakan minim nya pengetahuan bagaimana menjaga kesehatan dan kebersihan rongga mulut. serta Minim nya pengetahuan kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut secara benar. Dan pemgetahuan tanaman herbal yang bisa di manfatkan untuk kesehatan gigi dan mulut.  Oleh karena itu, jemaat sering mengalami masalah kesehatan gigi.
Tujuan: Untuk mengetahui lebih dalam mengenai pengetahuan dan tingkat pengetahuan kesehatan  gigi  dan mulut pada jemaat GKII FILADELFIA FAMILY ALAK . Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk  Meningkatkan pengetahuan   terhadap kesehatan  gigi dan gusi yang mencakup, Pemeliharaan gigi dan gusi, Mampu pemanfaatan tanaman herbal untuk kesehatan gigi dan gusi dan Mengetahui  penyakit gigi dan gusi serta cara mengatasinya.
Metode:Penyuluhan kesehatan gigi dan gusi  dengan materi penyuluhan yang diberikan berupa cara menyikat gigi yang benar, cara menjaga kesehatan gigi dan gusi serta pemanfaatan tanaman  herbal untuk mengatasi sakit gigi dan gusi.
Hasil:  Dari 43 orang peserta yang mengikuti Pengabdian masyarakat diperoleh kurang nya tingkat pengetahuan masyarakat tentang penyakit gigi dan gusi serta cara mengatasinya.dengan tanaman herbal.
Simpulan: Tingkat pengetahuan dan kesadaran kesehatan gigi jemaat GKII FILADELFIA FAMILY ALAK meningkat  setelah dilakukan penyuluhan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Armanty, Harman D.T. 2013. Efekivitas Anti Bakteri Ekstrak Daun Sirih (Piper Betle L.) Terhadap Bakteri Enterococcus Faecalis. Fakultas Kedokteran Gigi. Universitas Hassanudin.

Kementerian Kesehatan RI. 2018. Laporan Nasional Riskesdas Kesehatan Gigi dan Mulut. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Reca., & Mardiah, A. 2019. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Masyarakat dengan Pewarnaan Gigi (Stain) di Desa Peuniti Kota Banda Aceh. Jurnal Bahana Kesehatan Masyarakat. 3 (1) :15-19.

Tandilangi, Mintjelungan & Wowor. 2016. Efektivitas Dental Health Education dengan Media Animasi Kartun terhadap Perubahan Perilaku Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa SD Advent 02 Sario Manado. Jurnal e-Gigi (eG), 4, 106-110

Yanti G. M., Lilianti, E. 2016. Efektifitas berkumur rebusan daun sirih 10% dibandingkan obat kumur yang mengandung Cetylpyridinium chloride terhadap penurunan jumlah bakteri rongga mulut. Jurnal PDGI. 65 (1) : 1-5

Unduhan

Diterbitkan

30-11-2023

Cara Mengutip

Kristyanti, Y., & Lutsina, N. W. (2023). Penyuluhan Dan Edukasi Tentang Pemanfaatan Tanaman Herbal Untuk Kesehatan Gigi Dan Gusi Di Jemaat GKII FILADELFIA FAMILY ALAK. Majalah Cendekia Mengabdi, 1(4), 288–291. https://doi.org/10.63004/mcm.v1i4.266