Sosialisasi Edukasi Penggunaan Kosmetik Yang Benar Dan Cara Pengecekan Kosmetik Dan Bahan Makanan Yang Aman Di Desa Penfui Timur

Penulis

  • Yohana Krisostoma Anduk Mbulang Program Studi Farmasi, Universitas Citra Bangsa
  • Evasiana More Program Studi Farmasi, Universitas Citra Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.63004/mcm.v1i4.262

Kata Kunci:

Kosmetik, leaflet, pengetahuan

Abstrak

Pendahuluan: Kosmetik merupakan bahan atau sediaan yang digunakan pada bagian luar tubuh  manusia seperti epidermis, rambut, kuku, bibir, dan organ genital bagian luar, serta gigi dan membran mukosa mulut terutama untuk membersihkan, memberi aroma dan memperbaiki bau badan, merubah penampilan, serta melindungi dan menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi baik.
Tujuan: Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang kepada masyarakat terkait cara memilih kosmetik yang aman dan pengecekkan kosmetik serta bahan makanan yang aman di situs resmi BPOM
Metode: Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan diskusi tanya jawab. Peserta diberi edukasi tentang dengan cara memilih kosmetik yang aman dan cara mengecek kosmetik serta bahan makanan yang aman di situs resmi BPOM menggunakan media leaflet.
Hasil: Hasil pelaksanaan kegiatan PKM secara garis besar dapat dilihat berdasarkan keberhasilan target jumlah peserta sosialisasi dapat dikatakan sangat baik. Masyarakat yang diundang hampir seluruhnya datang sekitar 95%. Ketercapaian tujuan sosialisasi kesehatan dikatakan baik (95%). Ada peningkatan pengetahuan dari masyarakat tentang penggunaan kosmetik yang benar dan cara pengecekan kosmetik dan bahan makanan yang aman di daerah Matani, desa Penfui Timur Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang. Sehingga Masyarakat sudah paham dan mengetahui bagaimana cara penggunaan kosmetik yang benar dan cara praktis untuk memeriksa produk kosmetik yang beredar di Pasaran. Ketercapaian target materi yang telah direncanakan dapat dikatakan baik (95%).
Simpulan: Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa masyarakat telah mengetahui pentingnya  penggunaan kosmetik yang benar dan aman. Masyarakat  mengetahui cara  praktis  memeriksa produk kosmetik dan memilih makanan yanga aman yang beredar di Pasaran. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Khan, N. H., Ullah, F., Khan, T. A., Zafar, U., Farhan Ali Khan, M., Mustaqeem, M., ... & Ji, X. Y. (2021). Personal-care cosmetic practices in Pakistan: current perspectives and management. Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, 9-21.

Kusumawardhani, A. R., & Fitri, N. K. (2023). Literature Review: Potensi Pemanfaatan Minyak Alami Dalam Inovasi Formulasi Kosmetik. Journal of Pharmaceutical and Sciences, 6(3), 1092-1099.

Pangaribuan, L. (2017). Efek samping kosmetik dan penangananya bagi kaum perempuan. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 15(2), 20-18.

Unduhan

Diterbitkan

01-11-2023

Cara Mengutip

Mbulang, Y. K. A., & More, E. . (2023). Sosialisasi Edukasi Penggunaan Kosmetik Yang Benar Dan Cara Pengecekan Kosmetik Dan Bahan Makanan Yang Aman Di Desa Penfui Timur. Majalah Cendekia Mengabdi, 1(4), 209–214. https://doi.org/10.63004/mcm.v1i4.262