Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Keterampilan Produk Olahan Hasil Perikanan Di Desa Lok Baintan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar

Penulis

  • Ermina Syainah Poltekkes Kemenkes Banjarmasin
  • Rusmini Yanti Poltekkes Kemenkes Banjarmasin
  • Isnawati Isnawati Poltekkes Kemenkes Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.63004/mcm.v1i2.158

Kata Kunci:

Persiapan, Pemilihan bahan, Penimbangan, Pengolahan

Abstrak

Pendahuluan: Berdasarkan hasil penelitian  yang telah dilakukan didesa lok Baintan Kecamatan Sungai Tabuk dengan cara pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan keterampilan  produk olahan hasil perikanan  (hasil olahan hewani) oleh ibu-ibu PKK dan karang taruna serta Kader. Permasalahan yang dikeluhkan oleh Mitra adalah ketidaktahuan mereka tentang tata cara pemilihan bahan pangan yang segar dan baik, tata cara penimbahan dan pengukuran yang benar seperti apa, serta persiapan dan penggunaan peralatan yang tepat dan benar,  tahapan demi tahapan  pengolahan produk. Permasalahan lain yaitu susahnya mendapatkan bahan baku dan bahan tambahan yang mudah dan harganya terjangkau, dikarenakan jarak yang ditempuh antara tempat pelatihan dan kota lumayan jauh sekitar 10 km, dengan demikian mereka harus mempersiapkan waktu beberapa hari sebelumnya.
Tujuan: Peningkatan pengetahuan tentang manfaat mengonsumsi ikan dan keterampilan ibu-ibu anggota PKK dan anggota Karang Taruna tentang pengolahan hasil ikan di pinggiran sungai didesa Lok Baintan, untuk memproduksi produk yang bermutu dan bergizi sesuai dengan Standar Nasional Indonesia, peningkatan pengetahuan mengenai cara memproduksi yang baik dengan penerapan sanitasi dan higienis yang benar, dan terciptanya produk disukai oleh masyarakat.
Metode: Sosialisasi, Penyuluhan, Diskusi
Hasil: Kegiatan ceramah dan edukasi untuk pertama kalinya dengan agenda kegiatan yaitu melakukan sosialisasi, perkenalan, koordinasi oleh tim pengabmas Jurusan Kesehatan Gizi kepada pihak Mitra.
Simpulan: Memberikan edukasi produk olahan ikan serta melatih keterampilan kader dalam melakukan persiapan, penimbangan dan pengukuran bahan serta pengolahan produk dari hewani.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Djafar, M.J. 2003. Aplikasi Penggunaan Konsentrat Protein Ikan dalam Pembuatan Produk Pangan Berprotein Tinggi.

Laporan Akhir Program Insentif Peningkata Kapasitas Iptek Sistem Produksi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Jakarta.

Hadiwiyoto, S. 1993. Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan. Liberty.Yogyakarta.

Kurniawati, N., Junianto., Rostini, I. 2015. Pemanfaatan Daging Ikan dari Waduk Cirata sebagai suplementasi pada Kecimpring Singkong dan Daya Simpannya dalam Berbagai Kondisi Kemasan.Laporan Tahunan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi. Universitas Padjadjaran. Jatinangor.

Wijaya, F.P. 2015. Fortifikasi Protein Surimi Manyung terhadap Tingkat Kesukaan Donat. Skripsi.Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Padjadjaran Jatinangor.

jurnal pengabdian masyarakat

Unduhan

Diterbitkan

31-05-2023

Cara Mengutip

Syainah, E., Yanti, R. ., & Isnawati, I. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Keterampilan Produk Olahan Hasil Perikanan Di Desa Lok Baintan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Majalah Cendekia Mengabdi, 1(2), 61–64. https://doi.org/10.63004/mcm.v1i2.158