Pemberian Rebusan Moringa Oleifera Dalam Menurunkan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Melitus Di Desa Trans Srimulyo Lampung Tengah Tahun 2026
Isi Artikel Utama
Abstrak
Diabetes Melitus (DM) merupakan kondisi kronis yang terjadi ketika kadar glukosa dalam darah seseorang meningkat karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin yang cukup atau sama sekali tidak dapat memproduksi insulin, atau tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksinya secara efektif. Pemberian rebusan Moringa Oleifera ini bertujuan untuk membantu menurunkann kadar gula darah pada penderita diabetes melitus. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus deskriptif dengan pendekatan asuhan keperawatan pada dua pasien diabetes melitus dengan masalah keperawatan ketidakstabilan kadar glukosa darah. Intervensi yang diberikan berupa pemberian rebusan daun moringa oleifera sebanyak 1 kali sehari pada pagi hari selama 4 hari berturut-turut. Pengukuran dilakukan menggunakan pemeriksaan g serta observasi tanda dan gejala hiperglikemia sebelum dan sesudah intervensi. Hasil studi kasus menunjukkan adanya penurunan kadar glukosa darah pada kedua pasien setelah pemberian rebusan moringa oleifera. Pada Ny. S kadar gula darah sewaktu menurun dari 287 mg/dL menjadi 265 mg/dL, sedangkan pada Ny. W menurun dari 235 mg/dL menjadi 198 mg/dL.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Referensi
International Diabetes Federation. (2025). IDF Diabetes Atlas (11th ed.). International Diabetes Federation. https://diabetesatlas.org/idfawp/resourcefiles/2025/07/IDF_Atlas_1 1th_Edition_2025.pdf
Qomariah, N., & Ulfa, H. Z. (2025). Aplikasi Asuhan Keperawatan Klien Diabetes Melitus Tipe II dengan Intervensi Pemanfaatan Rebusan Daun Kelor untuk Mengatasi Diagnosa Keperawatan Ketidakstabilan Kadar Glukosa Darah. Jurnal Latumeten Indonesia, 3(1), 40-52.
Safitri, Y. (2018). Pengaruh pemberian rebusan daun kelor terhadap kadar gula darah pada penderita DM tipe 2 di Kelurahan Bangkinang kota wilayah kerja puskesmas tahun 2018. Jurnal Ners, 2(2), 43-50.
Syamra, A., & Indrawati, A. (2018). Pemberian rebusan daun Kelor terhadap penurunan kadar glukosa darah pada pasien penderita diabetes mellitus (Dm). Jurnal Media Laboran, 8(2), 50-5