HUBUNGAN PEMBERIAN KIE TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PASIEN DALAM PEMBELIAN OBAT DI APOTEK AWET MUDA

Penulis

  • Lelie Amalia Tusshaleha Universitas Qamarul Hida Badaruddin Bagu
  • Ninin Wulandari Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Eka Septiani Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu

DOI:

https://doi.org/10.63004/jfs.v1i1.98

Kata Kunci:

Pemberian Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE), Keputusan Pembelian Obat

Abstrak

Salah satu langkah penting guna menunjang dan menyadarkan masyarakat tentang obat – obatan baik obat paten, obat generik bermerek dan obat generik berlogo yaitu melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi ( KIE). Pada prinsipnya KIE merupakan suatu metode untuk membantu pengambilan keputusan dalam pembelian obat. Diharapkan melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) dapat meningkatkan pengetahuan mengenai persamaan dan perbedaan dari obat paten, obat generik bermerek, dan obat generik berlogo.

Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan pemberian Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) terhadap pengambilan keputusan pasien dalam pembelian obat di Apotek Awet Muda Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan Quasy eksperimen design tanpa pembanding, dengan populasi berjumlah 630 orang dan pengambilan sampel dengan metode non probability sampling menggunakan accidental sampling.

 Teknik analisa data dengan menggunakan analisa data univariate dan bivariate dengan taraf signifikan 95% (< 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara pemberian Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) terhadap pengambilan keputusan pembelian obat dengan nilai P = 0,000  ≤ 0,05 di Apotek Awet Muda tahun 2022.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aisah, A. N., & Kusumayati, A. (2021). Analisis Pengetahuan, Dukungan Keluarga terhadap Praktik Kader Posbindu PTM dalam Melakukan KIE Sadari di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Bogor Bara. Jurnal Health Sains, 2(9),1125-1131.

Arenatha, F. T. (2014). Analisis Pelayanan Kefarmasian Pengobatan Swamedikasi Diukur Dari Penerapan Pendekatan Diagnosis Diferensial Dan 8 Kriteria KIE Ideal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3(1), 1-19.

Bahem, N. (2017). Analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan obat tanpa resep di Apotek Nur Farma. Skripsi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Gea, S. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Membeli Obat Di Apotik (Studi Kasus Di “Apotik Shalom”). Kota Gunung sitoli. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(4), 342-349.

Manurung, S. S., & Nurafni, J. (2018). Pengaruh Pemberian Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) pada Ibu Hamil Primigravida terhadap Pemilihan Keputusan Persalinan Normal di Rumah Sakit Imelda Pekerja Indonesia (Ipi) Medan Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 4(2), 444-452.

Putri, A. (2020). Pengaruh Faktor-Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hpai Pada Masyarakat Kota Pekanbaru. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Rahimah. (2012). Efektifitas Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) dengan Metode Ceramah dan Media Leaflet terhadap Pengambilan Keputusan PUS dalam Memilih Alat Kontrasepsi di Wilayah Kerja Puskesmas Langsa Lama Kota Langsa Tahun 2012. Tesis, Fakultas Kesehatan Masyarakat: Universitas Sumatra Utara.

Sholiha, S., Fadholah, A., & Artanti, L. O. (2019). Tingkat Pengetahuan Pasien Dan Rasionalitas Swamedikasi Di Apotek Kecamatan Colomadu. Journal of Islamic Pharmacy, 3(2), 1-11.

Suherman, H., & Febrina, D. (2018). Tingkat pengetahuan pasien tentang swamedikasi obat. Viva Medika, Edisi Khusus/Seri, 2, 82-93.

Undarti, Z., Murtutik, L., & Suwarni, A. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Imunisasi Dasar dengan Kepatuhan Pemberian Imunisasi Dasar pada Bayi di Puskesmas Grogol Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia (JIKI), 1(1)

Diterbitkan

03-02-2023

Cara Mengutip

Tusshaleha, L. A., Wulandari, N. ., & Septiani, E. . (2023). HUBUNGAN PEMBERIAN KIE TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PASIEN DALAM PEMBELIAN OBAT DI APOTEK AWET MUDA . Jurnal Farmasi SYIFA, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.63004/jfs.v1i1.98

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama