Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Pencegahan Demam Berdarah Dengue di Kelurahan Landasan Ulin Selatan Tahun 2023

Penulis

  • Mahmudah Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Kalimantan MAB
  • Shalsa Shifa Reininda Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Kalimantan MAB
  • Achmad Rizal Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Kalimantan MAB

DOI:

https://doi.org/10.63004/hrji.v2i4.395

Kata Kunci:

Demam Berdarah Dengue, Pencegahan, Pengetahuan, Sikap

Abstrak

Latar Belakang: Demam berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue  yang ditularkan dari orang ke orang melalui gigitan nyamuk Aedes. Penyakit DBD banyak dijumpai terutama di daerah tropis dan sering menimbulkan kejadian luar biasa (KLB). Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Pencegahan Demam Berdarah Dengue Di Kelurahan Landasan Ulin Selatan Tahun 2023. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian adalah seluruh ibu rumah tangga di Kelurahan Landasan Ulin Selatan. Sampel diambil sebanyak 97 ibu  dengan Teknik Purposive Sampling. Instrument penelitian menggunakan kuisioner dengan cara wawancara. Uji statistik menggunakan chi square pada taraf signifikan 0,05. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa 65,7% Ibu memiliki pengetahuan cukup, 64,6% Ibu mempunyai sikap positif dan 57,6% 64 Ibu kurang dalam melakukan pencegahan DBD. Simpulan: Hasil uji statistik di simpulkan bahwa ada hubungan pengetahuan (p-value= 0,001) dan sikap (p-value=0,002) ibu rumah tangga dengan pencegahan demam berdarah dengue di Kelurahan Landasan Ulin Selatan Tahun 2023. Instansi terkait melakukan kampanye PSN melalui berbagai iklan layanan informasi, memfasilitasi terbentuknya gerakan masyarakat untuk secara berkala serta dapat memberikan informasi atau penyuluhan kesehatan efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azwar, S. (2011). Sikap dan Perilaku dalam : Sikap manusia teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tobari. (Januari 2023). Dinkes Kalsel Turunkan Kasus DBD di Kalsel. InfoPublik:https://infopublik.id/kategori/nusantara/701900/dinkes-kalsel-turunkan-kasus-dbd-di-kalsel.

Agustina, N. (Juli 2022). Ayo Cari Tahu Apa itu Demam Berdarah. Kemenkes: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/608/ayo-cari-tahu-apa-itu-demam-berdarah.

PKM Liang Anggang. (2023). Laporan Bulanan Puskesmas Liang Anggang . Banjarbaru: Puskesmas Liang Anggang.

PKM Liang Anggang. (2022). Laporan Puskesmas Liang Anggang tahun 2022. Banjarbaru: Puskesmas Liang Anggang.

Pantouw, R. G., Siagian, I. E., & Lampus, B. S. (2016). Hubungan pengetahuan dan sikap masyarakat dengan tindakan pencegahan penyakit demam berdarah dengue di Kelurahan Tuminting. Jurnal Kedokteran Komunitas Dan Tropik, Volume 4 Nomor 4.

RI, K. K. (2019, Januari 30). Kesiapsiagaan menghadapi peningkatan kejadian Demam Berdarah Dengue tahun 2019. Diambil kembali dari P2P Kemkes: http://p2p.kemkes.go.id/kesiapsiagaan-menghadapi-peningkatan-kejadian-

Rahmadi, M. (2023, Maret 13). Puluhan Kasus DBD Ditemukan di Banjarbaru, Dinkes Ungkap status Waspada. Diambil kembali dari Banjarmasin post. co.id: https://banjarmasin.tribunnews.com/amp/2023/03/13/puluhan-kasus-dbd-ditemukan-di-banjarbaru-dinkes-ungkap-status-waspada

Sunaryanti, S. H., & Iswahyuni, S. (2020). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap terhadap perilaku dalam pengendalian vektor Demam Berdarah Dengue (DBD) di Desa Jelok Cepogo Boyolali. Journal Of Health Researh, vol 3 no 1.

Sunaryanti, S. S., & Iswahyuni, S. (2020). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU DALAM PENGENDALIAN VETOR DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI DESA JELOK CEPOGO BOYOLALI. JOURNAL OF HEALTH RESEARH, Vol 3, No 1.

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Mahmudah, Reininda, S. S., & Rizal, A. (2024). Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Pencegahan Demam Berdarah Dengue di Kelurahan Landasan Ulin Selatan Tahun 2023. Health Research Journal of Indonesia, 2(4), 262–266. https://doi.org/10.63004/hrji.v2i4.395