Pemberdayaan Kader Kesehatan Dalam Meningkatkan Pemeriksaan Ibu Hamil Di Desa Gunung Sari Kabupaten Kotabaru

Penulis

  • Susi Fitriyah Program Studi Pendidikan Profesi Bidan, Universitas Sari Mulia

DOI:

https://doi.org/10.63004/mcm.v2i1.365

Kata Kunci:

Kader kesehatan, Pemeriksaan ibu hamil

Abstrak

Pendahuluan: Peran kader kesehatan dalam upaya peningkatan kesehatan ibu hamil dalam pendampingan ibu hamil diantaranya adalah membantu tugas bidan desa/ bidan Puskesmas dalam melakukan pendataan (pencatatan dan pelaporan), memberikan pendidikan kesehatan yang relevan, dan dapat membantu bidan dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan ibu hamil.
Tujuan: Tujuan suatu upaya pemberdayaan pada masyarakat terutama kader kesehatan, melalui pelatihan kader dalam memperkuat program pendampingan ibu hamil di desa Gunung Sari Kabupaten Kotabaru.      
Metode: Menggunakan metode ceramah sebagai pengantar untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kesehatan mengenai tanda dan bahaya kehamilan.
Hasil:  Hasil dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan Kader Kesehatan dalam upaya meningkatkan pemeriksaan ibu hamil.
Simpulan: Kesimpulan dari kegiatan adalah pengetahuan dan keterampilan Kader kesehatan mengedukasi ibu hamil dapat meningkatkan kepatuhan ibu hamil melakukan pemeriksaan secara rutin.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hasnidar, H., & Tasnim, T. (2020). Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Muzakir. 2013. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Kader Posyandu di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Kaledupa Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi Propinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, Vol 2 No 2 (2013).

Nurhayati. (2015). Pemahaman Kader Posyandu Tentang Penanganan Penyakit Demam Berdarah Di Puskesmas Tlogosari Kulon Semarang | Nurhayati | Prosiding Seminar Nasional & Internasional. The 2nd University Research Coloquium 2015 (pp. 631–635).

POGI, IDAI, Perinasia, IBI, RI, D., ADB, WHO, et al. (2014). Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. (A. B. Saifuddin, G. Adriaansz, G. H. Wiknjosastro, & D. Waspodo, Eds.). PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Unduhan

Diterbitkan

23-02-2024

Cara Mengutip

Fitriyah, S. . (2024). Pemberdayaan Kader Kesehatan Dalam Meningkatkan Pemeriksaan Ibu Hamil Di Desa Gunung Sari Kabupaten Kotabaru . Majalah Cendekia Mengabdi, 2(1), 46–50. https://doi.org/10.63004/mcm.v2i1.365