EFEK LARVASIDA EKSTRAK ETANOL DAUN BINTANGUR (Chalophyllum inophyllum L.) TERHADAP MORTALITAS LARVA NYAMUK AIR KOTOR (Culex sp.)

Isi Artikel Utama

Ahmad Purnawarman Faisal
Adhisty Nurpermatasari

Abstrak

Tanaman Bintangur merupakan tanaman yang sering dapat ditemukan di sekitar rumah, keberadaannya sebagai tanaman membuat khasiatnya kurang diketahui oleh masyarakat, seluruh bagian tanaman ini diketahui sangat berguna untuk bermacam-macam efek farmakologi. Jenis penelitian pada uji aktivitas ekstak etanol daun Bintangur menggunakan jenis penelitian eksperimental dengan rancangan eksperimen sungguhan (true experiment) dengan rancangan posttest dengan Kelompok Kontrol (Posttest Only Control Group Design). Penelitian ini mengukur pengaruh ekstrak etanol daun Bintangur pada larva Culex sp., kontrolnya yaitu larva Culex sp. yang tidak diberi ekstrak etanol daun Bintangur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat aktivitas ekstrak etanol daun Bintangur (Chalophyllum Inophyllum L.) dalam mematikan larva Culex sp. dengan dari hasil uji Reed and Muench dengan nilai LC50 281,84 ppm.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Faisal, A. P. ., & Nurpermatasari, A. . (2023). EFEK LARVASIDA EKSTRAK ETANOL DAUN BINTANGUR (Chalophyllum inophyllum L.) TERHADAP MORTALITAS LARVA NYAMUK AIR KOTOR (Culex sp.). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Karya Cendekia, 1, 1–6. Diambil dari https://wpcpublisher.com/jurnal/index.php/prosidingkaryacendekia/article/view/156
Bagian
Penelitian