Edukasi Pemilihan Dan Penggunaan Kosmetika Sunscreen Untuk Kulit Wajah Pada Siswi Di SMA Swasta Bina Siswa Kec. Percut Sei Tuan

Penulis

  • Masrah Masrah Jurusan Farmasi, Kemenkes Politeknik Kesehatan Medan
  • Rini Andarwati Jurusan Farmasi, Kemenkes Politeknik Kesehatan Medan
  • Zulfa Ismaniar Fauzi Jurusan Farmasi, Kemenkes Politeknik Kesehatan Medan
  • Zulfikri Zulfikri Jurusan Farmasi, Kemenkes Politeknik Kesehatan Medan

DOI:

https://doi.org/10.63004/mcm.v2i3.432

Kata Kunci:

Sunscreen, Siswa, Wajah

Abstrak

Pendahuluan: Salah satu hal yang dilakukan untuk menunjang penampilan khususnya wanita adalah dengan penggunaan kosmetik. Kosmetika adalah bahan atau sediaan yang dimaksudkan untuk digunakan pada bagian luar tubuh manusia seperti epidermis, rambut, kuku, bibir dan organ genital bagian luar, atau gigi dan membran mukosa mulut terutama untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan dan/atau memperbaiki bau badan atau melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi baik. Salah satu kosmetik adalah sunscreen. Sunscreen merupakan suatu zat yang dapat melindungi kulit dari paparan radiasi sinar UV serta pemakaian sunscreen disarankan di tempat yang mempunyai paparan sinar UV. Sunscreen mengandung beberapa bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi kulit seperti kemerahan, bengkak, iritasi, dan gatal-gatal. Beberapa orang mengalami reaksi alergi parah dengan ruam dan rasa gatal yang hebat.

Tujuan: Tujuan dari Pengabdian Masyarakat ini untuk mengetahui gambaran dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan tentang pemilihan dan penggunaan kosmetik sunscreen untuk kulit wajah pada siswi SMA Swasta Bina Siswa Desa Laut Dendang Kec. Percut Sei Tuan.

Metode: Metode yang digunakan pada pengabdian masyarakat ini adalah ceramah, demonstrasi dan tanya jawab tentang Pemilihan Dan Penggunaan sunscreen untuk kulit wajah yang baik.

Hasil: Dari hasil pengabdian masyarakat sebelum diadakannya penyuluhan dan demonstrasi tentang pemilihan dan penggunaan kosmetik sunscreen untuk kulit wajah pada siswi SMA Swasta Bina Siswa Desa Laut Dendang Kec. Percut Sei Tuan didapat peningkatan pengetahuan dari kategori baik 20% menjadi 30 % sesudah diadakannya Edukasi.

Simpulan: terjadi peningkatan Pengetahuan responden tentang Pemilihan dan Penggunaan Kosmetika Sunscreen untuk Kulit Wajah sesudah diadakannya Edukasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Matta, M. K., Zusterzeel, R., Pilli, N. R., Patel, V., Volpe, D. A., Florian, J., Oh, L.,Bashaw, E., Zineh, I., Sanabria, C., Kemp, S., Godfrey, A., Adah, S., Coelho, S., Wang, J., Furlong, L. A., Ganley, C., Michele, T., & Strauss, D. G. (2019). Effect of Sunscreen Application under Maximal Use Conditions on Plasma Concentration of Sunscreen Active Ingredients: A Randomized Clinical Trial. JAMA - Journal of the American Medical Association, 321(21), 2082–2091.

Minerva, P. (2019). Penggunaan Tabir Surya Bagi Kesehatan Kulit. Jurnal Pendidikan Dan Keluarga, 11(1), 95–101.

Sofia, M., & Minerva, P. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Bahaya Paparan Sinar Matahari Dengan Penggunaan Sunscreen oleh Mahasiswa Kepelatihan Olahraga Angkatan 2018 Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7596–7603.

Unduhan

Diterbitkan

18-08-2024

Cara Mengutip

Masrah, M., Andarwati, R. ., Fauzi, Z. I. ., & Zulfikri, Z. (2024). Edukasi Pemilihan Dan Penggunaan Kosmetika Sunscreen Untuk Kulit Wajah Pada Siswi Di SMA Swasta Bina Siswa Kec. Percut Sei Tuan. Majalah Cendekia Mengabdi, 2(3), 164–168. https://doi.org/10.63004/mcm.v2i3.432

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama