Penyuluhan Pengaruh Jus Tomat Terhadap Hipertensi Pada Premenopause Di Posyandu Lansia Desa Terbanggi Subing Wilayah Kerja Puskesmas Terbanggi Subing Lampung Tengah Tahun 2023

Penulis

  • Nanik supiarsih Universitas Aisyah Pringsewu
  • Yunita Anggraini Universitas Aisyah Pringsewu
  • Meri Wiliandri Universitas Aisyah Pringsewu
  • Liswandari Universitas Aisyah Pringsewu
  • Tri Sundari Universitas Aisyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.63004/mcm.v1i3.183

Kata Kunci:

Hipertensi, pre menopause, jus tomat

Abstrak

Pendahuluan: Dalam mengatasi masalah hipertensi ada dua alternative yang bisa diberikan bagi penderita hipertensi yaitu dengan metode farmakologi maupun non farmakologis (secara tradisional). Penanganan farmakologi terdiri atas pemberian obat yang bersifat diuretik, penghambat saluran kalsium (CCB), betabloker, dan pnghambat ACE. Pengobatan non farmakologi salah satunya yaitu menggunakan tomat.
Tujuan: Tujuan untuk mengetahui Pengetahuan Pengaruh Jus Tomat Terhadap Hipertensi Ibu Premenopause Di Posyandu Lansia Terbanggi Subing Di Wilayah Kerja Puskesmas Terbanggi Subing Lampung Tengah Tahun 2023.
Metode: Metode penyuluhan akan dilakukan dengan menggunakan metode ceramah atau diskusi dengan memaparkan materi dihadapan ibu premenopause dengan menggunakan media leaflet. Penyuluhan ini akan dilakukan pada tanggal 13 Januari 2023 di Posyandu Lansia Desa Terbanggi Subing Wilayah Kerja Puskesmas Terbanggi Subing Lampung Tengah. Peserta yang hadir pada saat kegiatan penyuluhan sebanyak 15 orang.
Hasil: Peningkatan pengetahuan khususnya ibu premenopause mengenai hot flash dan meningkatnya pengetahuan khususnya ibu premenopause mengenai susu kedelai untuk penanganan dini dan pencegahan hot flash.
Simpulan: Melakukan penyuluhan atau edukasi secara rutin serta melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pencegahan dan penanganan hipertensi dapat membantu menyadarkan masyarakat khususnya ibu premenopause tentang edukasi jus tomat pada kejadian hipertensi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Trisnawan, A. (2019). Mengenal Hipertensi. Semarang: Mutiara aksara

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Profil Kesehatan Indonesia 2019. Kemenkes RI 2019.

Dinas Kesehatan Propinsi Lampung (2018). Profil Kesehatan Provinsi Lampung. Tahun 2018. Bandar Lampung.

Wirakusumah. Firman F, dkk. (2011). Obstertri Fisiologi : Ilmu Kesehatan Reproduksi. Edisi II. Jakarta : EGC.

Susilo, Y & Wulandari, A. (2011). Cara Jitu Mengatasi Hipertensi. Yogyakarta: CV Andi.

Trismiyana, Eka, Usastiawaty Cik Ayu Saadiah Isnainy, and Herizon Herizon. (2020). Pengaruh Pemberian Jus Tomat Terhadap Tekanan Darah Lansia Penderita Hipertensi Di Puskesmas Kotabumi 2 Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara. Malahayati Nursing Journal, 2(4), 791–800. https://doi.org/10.33024/manuju.v2i4.3048

jurnal pengabdian masyarakat

Unduhan

Diterbitkan

01-08-2023

Cara Mengutip

supiarsih, N., Yunita Anggraini, Meri Wiliandri, Liswandari, & Tri Sundari. (2023). Penyuluhan Pengaruh Jus Tomat Terhadap Hipertensi Pada Premenopause Di Posyandu Lansia Desa Terbanggi Subing Wilayah Kerja Puskesmas Terbanggi Subing Lampung Tengah Tahun 2023. Majalah Cendekia Mengabdi, 1(3), 116–121. https://doi.org/10.63004/mcm.v1i3.183