Identifikasi Bahan Kimia Obat Natrium Diklofenak Dengan Metode KLT Dan Spektrofotometri Uv-Vis Pada Jamu Pegel Linu Di Kota Banjarmasin

Penulis

  • Ghina Raudhatul Jannah Universitas Sari Mulia
  • Dayna Maharani Syahran Universitas Sari Mulia
  • Hafizatul Husna Universitas Sari Mulia
  • Desy Mutia Universitas Sari Mulia
  • Fifi Alayda Azzahra Universitas Sari Mulia
  • Gemilang Septianto Universitas Sari Mulia
  • Febby Yulia Hastika Universitas Sari Mulia

DOI:

https://doi.org/10.63004/jfs.v2i2.425

Kata Kunci:

Jamu pegel linu, KLT, Natrium diklofenak, Spektrofotometri UV-Vis

Abstrak

Jamu merupakan salah satu obat tradisional yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dan telah dikonsumsi sebagai pengobatan sejak dahulu. Masyarakat meyakini bahwa jamu tidak memiliki efek samping yang serius dan berpikir bahwa jamu sangat aman bila dikonsumsi dalam jangka waktu panjang jika dibandingkan dengan mengonsumsi obat-obatan dari bahan kimia atau sintesis pa Sedangkan, Bahan Kimia Obat (BKO) yang ditambahkan pada jamu biasanya tidak menyertakan informasi yang jelas pada kemasannya sehingga memungkinkan terjadinya efek buruk bagi kesehatan penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar BKO natrium diklofenak yang terkandung pada jamu pegel linu yang beredar. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dengan Kromatografi Lapis Tipis (KLT) dan analisis kuantitatif Spektrofotometri UV-Vis. Hasil analisis kualitatif pada sampel jamu pegel linu memiliki nilai Rf yakni 0,85 sedangkan pada larutan standar natrium diklofenak memiliki nilai Rf 0,84. Pada analisis kuantitatif didapatkan hasil konsentrasi natrium diklofenak 17,363 ppm atau kadar sebanyak 0,0017363%. Hasil tersebut membuktikan bahwa adanya kandungan obat pada sampel jamu tersebut. Berdasarkan hasil yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa produk jamu pegel linu positif mengandung natrium diklofenak.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adiyasa, M. R., & Meiyanti, M. (2021). Pemanfaatan Obat Tradisional Di Indonesia: Distribusi Dan Faktor Demografis Yang Berpengaruh. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 4(3), 130-138.

Andini, M. P., Nisa, M., Citra, M. K., Rachman, M. R., Oktavia, R., Nisa, S., & Rahmadani, R. (2022). Analisis Bahan Kimia Obat Natrium Diklofenak Pada Jamu Asam Urat Yang Beredar Di Kota Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 5(2), 37-43.

Ayuty Viony Padanun, M., & Minarsih, T. (2021). Analisis Natrium Diklofenak Dalam Sampel Jamu Pegal Linu Yang Dijual Di Kabupaten Semarang Secara Klt-Spektrofotometri Uv-Vis (Doctoral Dissertation, Universitas Ngudi Waluyo).

BPOM. (2006). Bahaya Bahan Kimia Obat (Bko) Yang Dibubuhkan Kedalam Obat Tradisional (Jamu). Badan Pengawasan Obat Dan Makanan.

BPOM. (2015). Bahan Kimia Obat Dalam Obat Tradisional Dan Suplemen Kesehatan “Ancaman Bagi Kesehatan Masyarakat”. Badan Pengawasan Obat Dan Makanan.

Dewi, L., Hendrayanti, H., Nurhayati, C. (2019). Pemeriksaan Bahan Kimia Obat (BKO) Natrium Diklofenak Dalam Beberapa Sediaan Jamu Rematik Yang Beredar Di Pasar Purwadadi Subang. Jurnal Sabdariffarma, 1(1), 1-6.

Gandjar, I. ., & Rohman, A., 2017, Kimia farmasi analisis (edisi ke-1), Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gandjar, Ibnu Gholib, & Rohman, A., 2012,. Analisis Obat.Cetakan 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nuraini, Endriana Febry. (2022). “Hubungan Tingkat Pengetahuan Bahaya Paparan Sinar Matahari Dengan Sikap Penggunaan Sunscreen Pada Siswa-Siswi SMA N 1 Natar Lampung Selatan.” 0–1.

Permenkes RI. (2012). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 007 Tahun 2012 Tentang Registrasi Obat Tradisional.

Rahmadani, R., & Alawiyah, T. (2021). Investigasi Kandungan Parasetamol Pada Jamu Pegal Linu Di Kawasan Pasar Malam Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. Jurnal Farmasi & Sains Indonesia, 4(2), 26-30.

Rosyada, Elliya, Muliasari, Handa, & Yuanita, Emmy. (2019). Analisis kandungan bahan kimia obat natrium diklofenak dalam jamu pegal linu yang dijual di Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Farmasi, 15(1), 12–19.

Saputri, R., & Hakim, A. R. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan. Banyumas: CV. Pena Persada.

Setyowati, A., Nur, A. V., Slamet, S., & Rahmasari, K. S. (2022). Analisis Kandungan Bahan Kimia Obat Natrium Diklofenak Pada Sediaan Jamu Pegal Linu Yang Beredar Di Kabupaten Pekalongan Dengan Metode KCKT (Kromatografi Cair Kinerja Tinggi). Bhamada: Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan (E-Journal), 13(1), 8-15.

Simaremare, E. S. (2019). Analisis Merkuri dan Hidrokuinon pada Krim Pemutih yang Beredar di Jayapura. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 8(1), 1-11.

Unduhan

Diterbitkan

17-08-2024

Cara Mengutip

Jannah, G. R., Syahran, D. M. ., Husna, H. ., Mutia, D. ., Azzahra, F. A. ., Septianto, G. ., & Hastika, F. Y. . (2024). Identifikasi Bahan Kimia Obat Natrium Diklofenak Dengan Metode KLT Dan Spektrofotometri Uv-Vis Pada Jamu Pegel Linu Di Kota Banjarmasin. Jurnal Farmasi SYIFA, 2(2), 30–36. https://doi.org/10.63004/jfs.v2i2.425