Pengaruh Yoga Prenatal dengan Kesiapan Psikologis Ibu Hamil untuk Persiapan Persalinan

Penulis

  • Raudatul Hikmah Universitas Ibrahimy
  • Yeni Kurniawati
  • Istidamatul Ludvia
  • Dewi Qurrotul A’yun
  • Ganis Yunita Prativie
  • Khoiriati Rohma

DOI:

https://doi.org/10.63004/hrji.v1i3.94

Kata Kunci:

Kehamilan, Psikologi, Senam Yoga

Abstrak

Pendahuluan: Kondisi psikologis dengan kecemasan dan depresi pada ibu hamil akan berpengaruh terhadap timbulnya penyakit serta komplikasi kehamilan dan persalinan, baik pada ibu maupun bayi. Berlatih yoga secara teratur sepanjang kehamilan dapat mengkondisikan fisik dan psikologis untuk menjadi lebih kuat, kukuh dan fleksibel untuk menyesuaikan diri terhadap berbagai situasi yang tidak menyenangkan saat menghadapi persalinan. Tujuan: Mengatahui Pengaruh yoga prenatal dengan kesiapan psikologis menghadapi persalinan ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Banyuputih. Metode: Jenis atau rancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperiment dengan one group Pretest-Posttest without control. Analisa data menggunakan univariat dan bivariat menggunakan McNemar. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil yang melakukan kelas yoga di Wilayah Kerja Puskesmas Banyuputih sebanyak 30 orang dengan tekhnik pengambilan sampel yaitu total sampling dimana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Simpulan: Diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan untuk menambah pengetahuan bagi masyarakat mengenai senam yoga hamil dan khususnya ibu hamil bisa melakukan senam yoga hamil secara teratur karena senam yoga hamil mempunyai banyak manfaat bagi ibu hamil terhadap kesiapan fisik dan psikologis dalam menghadapi kehamilan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Elvina L. Faktor yang berhubungan dengan kesipan psikologis Ibu hamil Trisemester III dalam menghadapi persalinan. Program Studi D-IV Bidan pendidik Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ubudiyah Indonesia, Banda Aceh; 2018.

Novianti.Sumiatik, Rizki. Hubungan Senam Yooga dengan Mengurangi Kecemasan pada kehamilan Trisemester III di klinik Halm Belawan Tahun 2014. J Matern dan Neonatal. 2014;

Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2014.

Irianti B, Halida E, Huhita F, Prabandari F, Yulita N, Yulianti N. Asuhan kehamilan berbasis bukti. Sagung Set. Jakarta; 2014.

Fauziah L. Efektivitas latihan yoga prenatal dalam menurunkan kecemasan pada ibu primigravida trimester III. Universitas Padjajaran; 2016.

Kamariyah. Buku Ajar Kehamilan. Jakarta : Salemba Medika; 2014.

Gustina. Pengaruh Prenatal Care Yoga terhadap Kesiaoan Fisik dan Psikologis Ibu Menghadapi Persalinan di Puskesmas Putri Ayu Kota Jambi. J Akad Baiturahim Jambi,. 2020;9(1).

Aprilia RA, Wahy H. Pengaruh dengan Yoga Pregnancy STIKES Wiyata Husada Samarinda. Kota Samarinda. 2015. 2020;2(1).

Rusmita E. Pengaruh Senam Hamil Yoga Terhadap Kesiapan Ibu hamil Menghadapi Persalinan di RSIA Limijati, Politeknik Kesehatan TNI AU, Bandung. 2015.

Kaban FO, Siregar FLS, Karo EI br. Optimalisasi Persalinan Normal Melalui “BIRTH PREPARATION CENTRE” di Klinik Bersalin Kota Medan Tahun 2018. Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Sumatera Utara.; 2018.

Wahyuni R. Mempersiapkan Persalinan Dengan Yoga Pregnancy. STIKES Wiyata Husada Samarinda, Jl. Kadrie Oening G. Monalisa No.77, Kota Samarinda. 2020.

Aprilia Y. Prenatal Gentle Yoga. Jakarta. 2020.

Estini S. Efektivitas Yoga Pranaya Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Ibu Hamil Trimester Ke III. Program Studi Kebidanan. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani Cimahi. Pros Pertem Ilm Nas Penelit Pengabdi Masy PINLITAMAS 1. 2012;

Apriliani. Hubungan Senam Yoga Dengan Kesiapan Fisik dan Psikologis Ibu Hamil dalam Menghadapi Persalinan di Kelas Antepartum Gentle Yogya. J Terpadu Ilmu Kesehatanmu Kesehat. 2015;5.

Arikunto S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

Notoatmodjo. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Lisa, E., Nuzul R, Rosdiana E. Faktor Yang Berhubungan dengan Kesiapan Psikologis Ibu Hamil Trisemester III dalam Menghadapi Persalinan. J Healthc Technol Med. 2018;4(2):176–84.

Kusmiyati. Perawatan ibu hamil. Fitramaya. Yogyakarta. 2008;

Ningsih DA. Pengembangan Modul “Peduli Ibu Hamil” Di Desa Sumberejo Banyuputih Situbondo. JOMIS (Journal Midwifery Sci. 2020;4:55–62.

Ningsih DA, Romlah S, Kholifah UN. Improving Health Information Of Pregnant Mothers With The Islamic Family Approach Through The Recognition Of Anemia Signs. Community Serv J Indones. 2022;4(1):1–7.

Diterbitkan

20-02-2023

Cara Mengutip

Hikmah, R. ., Kurniawati, Y. ., Ludvia, I. ., A’yun, D. Q. ., Prativie, G. Y. ., & Rohma, K. . (2023). Pengaruh Yoga Prenatal dengan Kesiapan Psikologis Ibu Hamil untuk Persiapan Persalinan. Health Research Journal of Indonesia, 1(3), 96–102. https://doi.org/10.63004/hrji.v1i3.94