The Hubungan Kualitas Tidur dengan Kadar Glukosa Darah pada Penderita Diabetes Melitus Type 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Kelumbayan Barat

Penulis

  • sendi okyahto Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu
  • Giri Susanto Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu
  • Dian Arif Wahyudi Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu
  • Riza Dwiningrum Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu

Abstrak

Latar Belakang: Diabetes melitus adalah suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia yang terjadi karena gangguan sekresi insulin, kerja insulin, atau kedua-duanya. Diabetes melitus tipe 2 merupakan penyakit kronik yang pravalensinya tinggi di Indonesia. Kualitas tidur berperan sebagai pengendali kadar gula darah dan menurunkan resistensi insulin pada penderita diabetes melitus tipe 2. Tujuan: Tujuan penelitian diketahui hubungan kualitas tidur dengan kadar glukosa darah pada penderita diabetes melitus type 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Kelumbayan Barat. Metode: Jenis peneltian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua penderita diabetes yang berada di Wilayah Kerja Puskesmas Kelumbayan Barat berjumlah 86 responden dengan sampel sebanyak 71 responden menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, analisis data secara univariat dan bivariat (uji chi square). Hasil: Hasil penelitian diketahui bahwa sebanyak 35 (49,3%) responden memiliki kadar glukosa darah tinggi, dan sebanyak 28 (39,4%) responden memiliki kualitas tidur buruk. Ada hubungan kualitas tidur dengan kadar glukosa darah pada penderita diabetes melitus type 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Kelumbayan Barat dengan nilai (p-value = 0,000). Simpulan: Saran bagi tenaga kesehatan dapat meningkatkan mutu asuhan keperawatandan pengendalian diabetes melitus baik dari segi farmakologis maupun non farmakologis seperti melakukan aktivitas fisik, dan menjaga kualitas tidur yang baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggraeny, F. I., Alfianti, D., & Purnomo, S. E. (2014). Pengaruh Terapi Musik Pop Terhadap Kualitas Tidur Anak Usia Sekolah (6-12tahun) Yang Dirawat di RSUD Ambarawa. Karya Ilmiah.

Asmadi, A. (2018). Teknik prosedural keperawatan: konsep dan aplikasi kebutuhan dasar klien (19).

Basri, M., Baharuddin, K., Rahmatia, S., & Dillah, R. (2020). Hubungan kualitas tidur dengan kadar glukosa darah puasa pada pasien Diabetes Mellitus tipe II di Puskesmas Kassi-Kassi Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15(1), 46-50.

Bruno, L. (2019). Kualitas tidur. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699

Curcio, G., Tempesta, D., Scarlata, S., Marzano, C., Moroni, F., Rossini, P. M., ... & De Gennaro, L. (2013). Validity of the Italian version of the Pittsburgh sleep quality index (PSQI). Neurological Sciences, 34(4), 511-519.

Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. (2020). Profil Kesehatan Provinsi Lampung Tahun 2019. Lampung.

Destiani, A.B., Chondro F. (2018). Hubungan kadar hemoglobin A1c dengan kualitas tidur pada pasien diabetes mellitus tipe-2. Jurnal Biomedika dan Kesehatan, 1(1), 93-100

Hastono. (2016). Analisis Data Pada Bidang Kesehatan. Jakarta: Rajawali Press PT Raja Grafindo Persada.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Profil kesehatan Indonesia tahun 2019. Depkes RI: Jakarta

Lispin, L., Tahiruddin, T., & Narmawan, N. (2021). Hubungan Kualitas Tidur Terhadap Kadar Glukosa Darah Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2. Jurnal Keperawatan, 4(03), 01-07.

Notoatmodjo, (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Ed. Rev. Jakarta: Rineka Cipta.

Riyanto. (2017). Aplikasi penelitian untuk kesehatan (Nuha Medika: yogyakarta, Ed.).

Resti, D. (2018, August). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Kadar Glukosa Darah Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe II. In Prosiding Seminar Kesehatan Perintis (Vol. 1, No. 1).

Smeltzer dan Bare. (2012). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Brunner &. Suddart Edisi 8 vol.3. Jakarta :EGC.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumah, D. F. (2019). Hubungan Kualitas Tidur dengan Kadar Gula Darah Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di RSUD dr. M. Haulussy Ambon. Jurnal Biosainstek, 1(01), 56-60.

Diterbitkan

31-08-2024

Cara Mengutip

okyahto, sendi, Susanto, G., Wahyudi, D. A., & Dwiningrum, R. (2024). The Hubungan Kualitas Tidur dengan Kadar Glukosa Darah pada Penderita Diabetes Melitus Type 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Kelumbayan Barat. Health Research Journal of Indonesia, 2(6), 330–336. Diambil dari https://wpcpublisher.com/jurnal/index.php/HRJI/article/view/325