Evaluasi Penyimpanan Obat LASA (Look Alike Sound Alike) di Unit Pelayanan Rawat Jalan RSUD Brig. H. Hasan Basry Kandangan

Penulis

  • Satrio Wibowo Rahmatullah Universitas Lambung Mangkurat
  • Aditya Maulana Perdana Putra Universitas Lambung Mangkurat
  • Abdul Hadi RSUD Brig. H. Hasan Basry
  • Dahlia Syahrina Universitas Lambung Mangkurat
  • Fitria Febrianti Universitas Lambung Mangkurat
  • Risma Dian Ariyani Universitas Lambung Mangkurat
  • Qory Rahmat Nazri Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.63004/hrji.v1i5.159

Kata Kunci:

Penyimpanan, LASA, Medication Error

Abstrak

Pendahuluan: Obat LASA (Look Alike Sound Alike) adalah penyimpanan obat berdasarkan nama yang terlihat mirip dan pengucapan yang mirip. Penyimpanan obat LASA dapat dilakukan dengan metode huruf besar untuk menghindari perbedaan antara obat dengan nama atau pengucapan yang sama. Tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk membantu membedakan nama obat yang mirip untuk meminimalkan kesalahan penggunaan.  Huruf besar untuk nama yang berbeda dan huruf kecil untuk nama yang mirip. Metode: Penelitian dilakukan dengan melakukan pemantauan langsung ke lapangan dan melakukan observasi mengenai penyimpanan obat LASA. Hasil: Penelitian ini dapat memudahkan staf Instalassi Farmasi dalam penyediaan obat dan menghindari terjadinya medication error. Kesimpulan: Penyimpanan obat yang baik dan sesuai sangat penting dilakukan agar dapat menjaga mutu dan kualitas obatnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Depkes RI. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit, Jakarta.

Grissinger M. Tall man letters are gaining wide acceptance. P T. 2012;37(3):132–3.

Hasna N. (2021). Pengelolaan Obat- Obat LASA (Look Alike Sound Alike) di Indonesia dengan Metode Sistematika Literatur Review. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Indonesia.

Muhlis et al. (2019). Pengetahuan Apoteker Tentang Obat-Obatan Look Alike Sound Alike dan Pengelolaannya di Apotek Kota Yogyakarta. Jurnal Farmasi Klinik Indonesia, Vol. 8, No. 5, 107-113. Yogyakarta.

Pharmaceutical Service Division, & Ministry of Health Malaysia. (2012). Guide on Handling Look Alike,Sound Alike Medications. 1–24.

Primadiamanti et al. (2021). Evaluasi Penyimpanan Obat di Instalasi Farmasi RSU Wismarini Pringsewu. Jurnal Farmasi Malahayati. Vol. 4 No. 1. 107-115.

Sapurta et al. (2022). Evaluasi Sistem Penyimpanan Sediaan Farmasi di Gudang Farmasi RSPAU dr. Hardjulokito Yogyakarta. Medikal Sains : Jurnal Ilmu Kefarmasian, Vol. 7. No. 3. 535-542. Yogyakarta.

Diterbitkan

30-06-2023

Cara Mengutip

Rahmatullah, S. W., Perdana Putra, A. M., Hadi, A., Syahrina, D., Febrianti, F., Ariyani, R. D., & Nazri, Q. R. (2023). Evaluasi Penyimpanan Obat LASA (Look Alike Sound Alike) di Unit Pelayanan Rawat Jalan RSUD Brig. H. Hasan Basry Kandangan. Health Research Journal of Indonesia, 1(5), 216–221. https://doi.org/10.63004/hrji.v1i5.159

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama