Efektivitas Pijat Bayi, Baby Gym dan Baby Swim Terhadap Tumbuh Kembang Bayi Usia 6-12 Bulan

Penulis

  • Fazar Kumaladewi Universitas Indonesia Maju
  • Dewi Febriyanti Kusumah Universitas Indonesia Maju

DOI:

https://doi.org/10.63004/hrji.v1i3.101

Kata Kunci:

Tumbuh kembang, pijat, gym, swim

Abstrak

Pendahuluan: Masa bayi merupakan masa pertama kehidupan kritis. Pertumbuhan adalah perubahan yang sifatnya kuantitatif. Perkembangan motorik pada bayi sangat penting dan harus diketahui orang tua supaya terhindar dari keterlambatan sensor motorik. Pelayanan baby massage, baby swim, serta baby gym merupakan upaya yang dilakukan melalui  perawatan  menyeluruh  dengan  menggunakan metode  kombinasi  secara   terus-menerus   untuk   menyeimbangkan   tubuh,   pikiran,   serta perasaan. Berdasarkan  studi  pendahuluan  menemukan 6 dari 10 ibu belum mengetahui optimalisasi pijat bayi, baby gym dan baby swim untuk stimulasi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Salah satu faktor terjadinya  keterlambatan pada bayi   karena  kurangnya   pemberian   stimulus. Metode: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “One Groups Pretest-Posttest Design”, yaitu desain penelitian menggunakan  pretest dan posttest. Populasi data berdasarkan data bulan Juli terdapat 35 bayi yang melakukan treatment. Tetapi peneliti membatasi jumlah sampel yaitu sebanyak 30 sampel diantaranya 15 responden kelompok kontrol dan 15 responden kelompok perlakuan/intervensi. Pengumpulan data menggunakan KPSP. Hasil: Hasil perhitungan Paired Sampel T Test adalah p = 0,000 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan: Maka dapat disimpulkan bahwa pada hipotesis ini ada perbedaan rata-rata hasil Pre Test dan Post Test yang artinya pemberian stimulasi pijat bayi, baby gym dan baby swim efektif dalam menstimulasi tumbuh kembang bayi usia 6-12 bulan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Prasetyo, D. S. Buku Pintar Pijat Bayi. Yogyakarta: Buku Biru; 2017.

Sabrina Maharani. Pijat dan Senam Sehat Untuk Bayi. Jogjakarta: Kata Hati; 2010.

Nadjibah Yahya. Spa Bayi dan Anak. Solo: Megatraf; 2011.

Marimba. Tumbuh Kembang dan Status Gizi. Yogyakarta: Numed; 2010

Ranuh Soetjiningsih. Tumbuh Kembang Anak. 2nd ed. Jakarta: EGC; 2014.

Permenkes. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1205/MENKES/PER/X/2004. Tentang Pedoman Persyaratan Kesehatan Pelayanan Sehat Pakai Air (SPA). Jakarta: Permenkes; 2004.

Rukiyah, A. Y. Asuhan neonatus, bayi dan balita. Jakarta: Trans Info Media; 2010.

Sabrina Maharani. Pijat dan Senam Sehat Untuk Bayi. Jogjakarta: Kata Hati; 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta; 2011.

Amirullah. Metode Penelitian Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media; 2015.

S Arikunto. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Sugiono, P. D. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2014.

Nur Aedi. Pengolahan dan Analisis Data Hasil Penelitian. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia; 2010.

Burhan Bungin. Metodologi Penelitian Kuantitatif. 2nd ed. Jakarta: Kencana; 2011.

Susila, I. Pengaruh Teknik Pijat Bayi Terhadap Kenaikan Berat Badan Bayi Usia 0-7 Bulan. Jurnal Kebidanan. 2018; Lamongan.

Farida, F., Mardianti, M., & Komalasari, K. Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Peningkatan Frekuensi Dan Durasi Menyusu Pada Bayi Usia 1 – 3 Bulan. Jurnal Kebidanan. 2018; Karawang.

Diterbitkan

20-02-2023

Cara Mengutip

Kumaladewi, F., & Kusumah, D. F. (2023). Efektivitas Pijat Bayi, Baby Gym dan Baby Swim Terhadap Tumbuh Kembang Bayi Usia 6-12 Bulan. Health Research Journal of Indonesia, 1(3), 116–122. https://doi.org/10.63004/hrji.v1i3.101